home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengunyah Makanan Harus 32 Kali, Mitos Atau Fakta?

Jumat, 16 Juni 2017 14:00 by dodo07 | 2515 hits
Mengunyah Makanan Harus 32 Kali, Mitos Atau Fakta?
Image source: US News Health

DREAMERS.ID - Tidak sedikit orang yang masih percaya jika kita harus mengunyah makanan sebanyak 32 kali sebelum benar-benar menelannya. Namun, apa mitos tersebut benar-benar memberikan manfaat bagi tubuh?

Menurut Dr. Rupali Datta, konsultan nutrisi ada dua alasan utama mengapa mengunyah makanan jadi hal penting. Seperti dilansir Detik, alasan pertama adalah tentunya memecah makanan menjadi partikel yang lebih mudah untuk ditelan dan melewati saluran pencernaan.

Kedua, mencampur makanan dengan baik dengan air liur merupakan kunci proses pencernaan yang tepat. Hal ini ternyata juga dapat berdampak pada penurunan berat badan. Ia menyebutkan jika otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirimkan sinyal rasa kenyang. Jadi, jika seseorang mengunyah makanan dengan cepat maka ia cenderung akan makan berlebihan. 

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

Sedangkan menurut buku 'Diet and Nutrition'- A Holistic Approach' karya Rudolph Ballentine, disebutkan bahwa mulut bukan sekedar pembukaan ke saluran pencernaan tetapi merupakan bagian sangat penting dari proses pencernaan. Meski makanan dapat dicerna dengan bantuan enzim pencernaan di perut, namun partikel makanan perlu dipecah terlebih dahulu dengan bantuan gigi dan air liur. 

Meskipun sebenarnya jumlah ini hanya untuk menekankan pentingnya mengunyah ke dalam ingatan kita. Namun, faktanya proses mengunyah memiliki beberapa manfaat nutrisi, biologi dan kesehatan. 

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)