home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Protokol dan Budaya 'Berlebihan' Pejabat Korea Jadi Sorotan Setelah Video 'Sliding Suitcase' Viral

Jumat, 16 Juni 2017 14:21 by reinasoebisono | 1992 hits
Protokol dan Budaya 'Berlebihan' Pejabat Korea Jadi Sorotan Setelah Video 'Sliding Suitcase' Viral
Image source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu, video seorang pejabat Korea Selatan bernama Kim Moo Sung jadi viral karena ia terlihat mendorong koper ke arah ajudan tanpa melihat atau menengok sama sekali. Hal itu terjadi di gerbang kedatangan bandara.

Sang ajudan sigap menerima sliding suitcase tersebut dan dengan cepat menghindari dari jangkauan frame kamera awak media. Namun sikap arogan Kim Moo Sung dikritik dan mengungkap bagaimana protokol serta budaya pejabat Korsel yang dinilai berlebihan.

Sejumlah netizen mengkritik dan mengungkap bagaimana perlakuan kontras seorang pejabat Korea kepada bawahannya. Salam formal dan etika bisnis ternyata harus dipatuhi secara jelas.


Kim Moo Sung (Korea Herald)

“Di sini (Korea), sekretaris diharapkan mencurahkan hati dan jiwa mereka untuk melayani bos-bos mereka,” kata CEO Korea Followeship Center, Lee Joon Eui. “Tapi masalahnya adalah tokoh otoritas Korea mengharapkan pengabdian yang melampaui lingkup profesional, hingga ke masalah pribadi,”

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Menurut sejarawan Shin Jung Il, protokol tersebut datang dari campuran peraturan militer, budaya etika Jepang dan Konfusius yang masuk ke Korea Selatan. “Pemimpin meminta pengesahan wewenang dan status mereka. Dan protokol ketat (seperti itu) adalah salah satu caranya,”

Namun setelah memasuki kepemimpinan presiden baru, Moon Jae In, kesan seperti itu mulai sirna. Pemerintah Moon memang dikenal rendah hati dan meluruhkan kesan arogan pejabat. Contohnya adalah ia menolak dibantu bodyguard untuk melepas jasnya saat makan siang setelah dirinya terpilih.


Image source: Korea Herald

Jika di masa sebelumnya, seorang presiden harus dibantu hanya untuk melepas jasnya. Moon juga sempat terlihat menikmati kopi bersama stafnya, serta berfoto selfie bersama warga, bahkan memberikan jalan kepada ambulans yang lewat.

“Ada negara yang memberlakukan protokol lebih ketat untuk acara penting,” kata CEO lembaga bodyguard MSAT Kim Sung Cheol. “Tapi itu selalu dilakukan dengan cara yang tidak menghalangi komunikasi antara karyawan dan tokoh VIP,”

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)