home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penampakan Ambulans Roda Dua Unik yang Siap Beroperasi Selama Mudik Lebaran

Sabtu, 17 Juni 2017 10:00 by reinasoebisono | 1110 hits
Penampakan Ambulans Roda Dua Unik yang Siap Beroperasi Selama Mudik Lebaran
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Jika biasanya ambulans yang memberikan pertolongan dan mengangkut pasien darurat menggunakan mobil atau kendaraan roda empat, tahun ini hadir ambulans roda dua yang menjadi salah satu alternatif mengantisipasi hal urgensi lain.

Hal ini berangkat dari banyaknya kasus kecelakaan atau gangguan kesehatan selama perjalanan mudik. Ambulans yang satu ini akan ada di sejumlah pos kesehatan yang terdapat di sepanjang jalur mudik tahun 2017.

Namun perlu diingat jika ambulan unik roda dua ini bukan untuk evakuasi korban atau yang membutuhkan, melainkan sebagai first responder. Artinya ia akan memberi respon kesehatan terdepan.


Image source: Detik

"Mereka memodifikasi sepeda motornya agar bisa punya fungsi untuk memberikan respons apabila ada yang memerlukan bantuan. Jadi bukan sebagai alat angkut untuk evakuasi, tetapi sebagai pemberi bantuan pertolongan awal ketika diperlukan," tutur Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Dr Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS, melansir Detik, Sabtu (17/6).

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Ambulans roda dua ini dilengkapi dengan lampu rotari dan sirine, serta box emergency di bagian belakang. Box emergency di dalamnya terdapat peralatan kesehatan seperti alat pengukur tekanan darah (tensi), stetoskop, senter, termometer, dan alat lainnya.

Obat-obatan dan bahan habis pakai seperti oksigen mini, cairan infus beserta perlengkapannya juga terdapat di ambulans roda dua ini. Selain itu, ambulans ini juga dipersiapkan untuk menjangkau area yang sulit dan tidak bisa dijangkau mobil sehingga meningkatkan efisiensi penyelamatan.

"Kalau enggak bisa diakses baru memerlukan ambulans roda dua. Kalau untuk orang yang pusing dibonceng masih bisa, tapi kalau untuk yang sakit butuh tiduran ya enggak bisa," pungkas Dr Bambang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)