home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perilaku Unik Konsumen Indonesia Saat Belanja Online di Bulan Ramadhan, Kamu Salah Satunya?

Sabtu, 17 Juni 2017 11:06 by reinasoebisono | 1385 hits
Perilaku Unik Konsumen Indonesia Saat Belanja Online di Bulan Ramadhan, Kamu Salah Satunya?
Image source: Musgrave Marketplace

DREAMERS.ID - Kegiatan belanja online kini telah menjadi salah satu perilaku aktif masyarakat. Disamping sifat kemudahan, efisiensi dan biaya lebih murah jadi alasan utama masyarakat memilih kemudahan belanja di dunia maya.

Namun ternyata ada beberapa perilaku yang dilakukan orang Indonesia selama Ramadhan dan jarang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Memang, bulan suci banyak dihabiskan masyarakat untuk berbelanja online.

iPrice Group membandingkan 400.000 pengunjung website iPrice pada periode sebelum Ramadhan yaitu 22 April-4 Mei dan dua minggi awal Ramadhan pada tanggal 27 Mei-8 Juni. Dari data tersebut, terlihat 3 hal menarik dari konsumen Indonesia.

Waktu Sahur

Nyatanya, bukan siang hari saja waktu belanja online dilakukan. Traffic saat sahur justru melonjak sejam pukul 4 pagi. Hal ini diperkirakan karena masyarakat memiliki beberapa jam senggang yang bisa digunakan sembari bersiap melakukan aktivitas lainnya.

Banyaknya toko online yang memberi diskon besar saat sahur juga jadi daya tarik. Dan siapa sangka jika konsuman online pria lebih banyak 4-5% dari wanita. Terlihat pula jika pria menggunakan waktu paginya untuk berbelanja.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Istirahat Siang

Jam lain yang memiliki lonjakan signifikan adalah jam istirahat siang, sekitar pukul 12.00-13.00. Ada peningkatan cukup tinggi di waktu tersebut saat periode 2 minggu sebelum lebaran. Hal ini juga memperlihatkan perubahan perilaku masyarakat saat Ramadhan.

Jika sebelumnya istirahat siang digunakan untuk makan dan minum, tentu tidak di bulan Ramadhan. Kebalikan dengan jam sahur di atas, waktu istirahat siang ini justru didominasi oleh konsumen wanita yang lebih banyak 5% dibandingkan pria.

Pertumbuhan Konsumen Pria

Hasil unik lain adalah pertumbuhan jumlah konsumen baru pria lebih besar dari wanita pada periode Ramadhan. Dibandingkan 2 periode sebelum Ramadhan, ternyata konsumen baru pria meningkat 45%. Sedangkan konsumen baru wanita hanya bertambah sekitar 33%.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)