home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kesaksian Wanita WNI di Suriah yang Ditipu Mentah-Mentah oleh ISIS

Minggu, 18 Juni 2017 15:44 by reinasoebisono | 2958 hits
Kesaksian Wanita WNI di Suriah yang Ditipu Mentah-Mentah oleh ISIS
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Ternyata banyak warga Indonesia yang hijrah ke Suriah, salah satu negara yang menjadi kelompok radikal ISIS. Terfokus di Raqqa yang jadi ibu kota, ISIS membuatnya jadi ibu kota negara Islam. Alasan para WNI tersebut pindah adalah berharap untuk hidup sejahtera di bawah kekuasaan ‘Daulah Islamiyah’.

Namun apa yang diimpikan ternyata sama sekali tak menyentuh kenyataan di sana karena harapan pupus ketika sampai di kota bak ‘neraka’ tersebut. Mereka baru sadar jika telah diimingi oleh kebohongan besar ISIS.

Salah satunya adalah Leefa (38) perempuan asal Indonesia yang pindah ke Raqqa Agustus 2015 lalu bersama 15 WNI lain. "Saat kami di Indonesia, kami membaca dan melihat dari internet. Daulah Islamiyah adalah tempat tinggal untuk menjadi orang Muslim sejati," ucapnya saat ditemui AFP  via CNN.

"Saya memiliki masalah kesehatan dan perlu biaya operasi yang cukup mahal di Indonesia. Tapi di Daesh [sebutan lain ISIS] semuanya gratis. Kami datangi ISIS untuk menjadi seorang Muslim sejati dan untuk kesembuhan penyakit saya," paparnya menambahkan.

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

Leefa mengaku pertama berkomunikasi dengan anggota ISIS via internet dan dijanjikan penggantian transportasi serta biaya hidup. Sayang hal itu hanyalah bohong. Senada dengan Leefa, Nur yang masih berusia 19 tahun juga terbuai kebohongan ISIS.

"Beberapa dari kami bahkan masuk penjara, termasuk ayah saya dan saudara laki-laki saya," kaat Nur. "Ada banyak pria ISIS yang bercerai padahal mereka baru saja menikah selama dua bulan bahkan dua minggu,"

"Banyak pria yang datang ke rumah saya dan bertanya kepada ayah, dia menginginkan saya. Di mana saja mereka (pejuang ISIS) selalu berbicara tentang wanita," tuturnya, dengan raut wajah jijik.

Kini, menurut pejabat pembina kamp Ain Issa, Fayruz Khalil, para Wni itu tengah diperiksa oleh pasukan koalisi AS-Suriah (SDF) Nantinya mereka akan diserahkan pada Kedutaan Besar RI di Damaskus, nelalui perbatasan Arbil, Irak.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)