home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kawah Sileri Pegunungan Dieng Meletus, 17 Korban Luka-luka

Minggu, 02 Juli 2017 19:00 by tyassss | 1199 hits
Kawah Sileri Pegunungan Dieng Meletus, 17 Korban Luka-luka
Image source: detik

DREAMERS.ID - Kawah Sileri yang berada di Pegunungan Dieng, Jawa Tengah meletus pada Minggu 2 Juli 2017 yang diperkirakan terjadi  pukul 11.54 WIB. Dalam letusan ini, tersembur lumpur setinggi 200 meter  yang mengakibatkan asap tebal membumbung tinggi di lokasi wisata itu.

Dilansir dari laporan Liputan6, menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arif Rachman, jenis letusan ini adalah letupan freatik (semburan lumpur dan gas) dengan ketinggian letusan kurang lebih 150 meter dengan sebaran 50 meter di bibir kawah ke arah utara selatan.

Arif mengatakan, letusan terjadi tiba-tiba tanpa ditandai dengan kegempaan. Kawah Sileri Dieng sendiri diketahui merupakan kawah yang masih aktif. Pada April dan Mei 2017, letupan freatik juga telah terjadi di kawah namun dengan skala kecil.

Baca juga: Dieng Mendadak Punya 'Rasa' Luar Negeri, Capai Titik Rendah dan Lautan Salju!

Akibat kejadian ini, total 17 orang yang tengah berwisata di kawasan tersebut menjadi korban. Namun, tidak ada korban meninggal dunia. Sebagian besar korban dilaporkan hanya mengalami luka ringan karena terjatuh saat menyelamatkan diri, bukan karena letupan karena jenis lumpurnya adalah dingin.

Meski kawasan wisata lainnya di pegunungan Dieng aman, namun lokasi tetap segera ditutup dan disterilkan dari pengunjung. Karena, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan akan ada potensi letusan susulan, mengutip Kompas.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)