home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Palangkaraya Jadi Pilihan Ibu Kota Baru Sejak Zaman Soekarno hingga Jokowi

Rabu, 05 Juli 2017 11:00 by reinasoebisono | 1859 hits
Alasan Palangkaraya Jadi Pilihan Ibu Kota Baru Sejak Zaman Soekarno hingga Jokowi
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Meski belum ada konfirmasi dari pemerintah, nama Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah selalu muncul sebagai isu dijadikannya ibu kota yang baru menggantikan Jakarta. Digadang sejak zaman Soekarno, pertanyaan yang selalu datang adalah, mengapa Palangkaraya?

Awalnya, ide pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya muncul dari Soekarno di periode tahun 1957-1958. Alasan yang muncul adalah karena Palangkaraya berada persis di tengah wilayah Indonesia. Selain itu, karena adanya keinginan ibu kota berdiri di atas kota yang dibangun oleh anak bangsa sendiri.

"Jakarta kan peninggalan kolonial Belanda, dirancang Belanda," ungkap Penulis buku 'Sukarno & Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya', Wijanarka melansir BBC.


Salah satu sudut Kota Palangkaraya (Jawa Pos)

Namun niat itu tak terwujud karena selain akses dan infrastruktur di Palangkaraya kala itu tidak mumpuni, Soekarno juga memiliki berbagai rencana bertaraf internasional yang akan dilakukan di ibu kota Jakarta, contohnya Asian Games pada tahun 1962.

Baca juga: Pak Menteri Basuki, Istana Negara Ibu Kota Baru Nanti Akan Seperti Apa?

Sebelumnya, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan kajian rencana pemindahan ibu kota itu akan selesai tahun ini dan kemungkinan besar di Pulau Kalimantan. Hal ini disebut wajar oleh Dosen Planologi ITB Krishna Nur Pribadi karena mengignat Kalimantan di luar wilayah gempa. Masih sedikitnya jumlah penduduk di sana juga jadi faktor pertimbangan.

"Pulau Kalimantan itu penduduknya dua sampai empat juta orang. Sementara Jakarta itu bisa 10 juta orang. Ini sudah tidak benar. Menurut saya, kalau pembangunan terus dipusatkan di Jakarta... sudah tidak sehat," kata Krishna.

Penduduk Kalimantan yang masih sedikit dibandingkan luas wilayahnya ini juga membuat harga tanah di sana rendah. Sehingga sangat berpeluang untuk terus dikembangkan dan menarik orang datang. Palangkaraya sendiri memiliki luas 2.400 kilometer persegi, sementara wilayah yang terbangun baru 50 kilometer persegi. Sehingga masih sangat luas untuk dibangun apalagi menjadi sebuah ibu kota.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)