home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernikahan ABG Selamet dan Nenek Rohaya Ilegal

Kamis, 06 Juli 2017 20:00 by Dits | 5085 hits
Pernikahan ABG Selamet dan Nenek Rohaya Ilegal
image source: Sripoku.com via Kompas

DREAMERS.ID -Sosok ABG Selamet Riyadi belakangan ini ramai menjadi sorotan publik setelah menikahi seorang nenek berusia 71 tahun. Pasangan beda usia 55 tahun itu resmi menikah di Desa Karangendah, Kecamatan Lengkiti, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan pada Minggu, 2 Juli 2017.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenang Sumsel, Alfajri Jabidi, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU dan kantor Urusan Agama kecamatan setempat terkait pernikahan unik tersebut.

"Ini fenomena sosial karena banyak faktor yang terjadi di dalamnya. Selain pendidikan, agama, lingkungan sekitar pasti kurang mendukung," terang Jabidi mengutip Kompas, Kamis (6/7).

Ia melanjutkan kalau pernikahan Selamet dan Rohaya adalah ilegal. Sebab pernikahan keduanya tidak terdaftar di KUA setempat. Ia menghimbau harusnya digelar pembelajaran dari kepala kantor urusan agama terkait.

"Saya tegur kepala Kemenang di sana. Termasuk kepala Kantor Urusan Agama. Pembinaan perlu dilakukan. Syariatnya bagaimana, keabsahannya bagaimana. Semuanya harus ditelusuri baik sah negara maupun agama," jelasnya.

Sementara itu,Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumatera Selatan (PPPA) Susna Sudarti SE menjelaskan kalau pernikahan Selamet harusnya tak terjadi karena ia masih termasuk anak di bawah umur.

Ia juga menentang keras pernikahan usia dini dan yang menikahkan harusnya dilaporkan ke pihak berwajib. "Bisa ganggu psikologis anak termasuk masa depan dirinya. Tokoh agama, masyarakat harus turun nasihati anak ini, jangan sampai terjadi lagi," pungkasnya.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)