home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Spotify Angkat Bicara Soal Tuduhan Gunakan Artis Palsu

Rabu, 12 Juli 2017 10:32 by fzhchyn | 2734 hits
Spotify Angkat Bicara Soal Tuduhan Gunakan Artis Palsu
Image source: Android Pit

DREAMERS.ID - Salah satu layanan streaming musik Spotify sempat diterpa isu penggunaan artis palsu pada Agustus tahun lalu. Saat itu Spotify menghiraukannya, namun kali ini saat isu kembali berhembus, Spotify angkat bicara soal tudingan tersebut.

Dilansir dari Detik, sebuah media pemberitaan bernama Vulture yang mengangkat isu tersebut. Dari hasil investigasi mereka, ditemukan adanya dua artis palsu yang lagunya didengarkan oleh jutaan orang, yaitu Deep Watch dan Enno Aare.

Penggunaan lagu-lagu dari artis palsu yang dimasukkan ke dalam playlist buatan Spotify ini kabarnya memang sengaja dilakukan. Tujuannya adalah untuk menghindari pembayaran royalti terhadap para pemilik lagu yang sebenarnya.

Baca juga: Rayakan World Women's Day, Spotify Ungkap Daftar Artis Wanita Korea Terpopuler

Sebelumnya, situs Music Business Worldwide juga menyebut jika aksi semacam ini bisanya dilakukan pada playlist dengan genre jazz, chill dan sejenisnya. Pada playlist tersebut Spotify disebut menggunakan artis yang sebenarnya tak ada.

Spotify pun angkat bicara dan menepis semua tudingan tersebut dalam sebuah pernyataan tertulis. "Kami tak pernah menciptakan artis palsu dan memasukkannya ke dalam playlist buatan Spotify. Hal ini sama sekali tak benar," tulis juru bicara Spotify dalam pernyataannya, mengutip Billboard, Selasa (11/7).

Lebih lanjut, Spotify juga menyatakan kalau mereka tak memegang hak untuk lagu-lagu yang ada. Musik-musik tersebut, menurut Spotify haknya tetap dipegang oleh si pemilik sebenarnya, yang menerima pembayaran royalti dari Spotify.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)