home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Warga Indonesia ISIS Ditangkap di Turki Jadi yang Terbanyak Kedua di Dunia

Minggu, 16 Juli 2017 09:32 by reinasoebisono | 1637 hits
Warga Indonesia ISIS Ditangkap di Turki Jadi yang Terbanyak Kedua di Dunia
Image source: Rappler

DREAMERS.ID - Bukan negara-negara Islam yang menempati urutan atas di mana warganya ditangkap karena bergabung dengan kelompok radikal mengatasnamakan Islam, ISIS. Data ini didapat dari pihak negara Turki yang gencar menangkap anggota ISIS karena negaranya kerap jadi jalur masuk bergabungnya masyarakat dunia ke kelompok tersebut.

Data Kementerian Dalam Negeri Turki pada Sabtu (15/7) jika Indonesia menempati urutan kedua warganya ditangkap karena bergabung dengan ISIS. Melansir Detik, peringkat pertama ditempati oleh Rusia.

Menurut data yang dilansir News.com.au, total ada 4.957 militan asing ISIIS yang ditangkap di Turki. Warga Rusia terbanyak dengan jumlah 804 orang. Sementara Indonesia di tempat kedua berjumlah 435 orang. Di nomor 3 hingga 5 ada Tajikistan, Irak dan Perancis.

Meski tidak menyebutkan periode penangkapan, CEO perusahaan konsultasi keamanan dan resiko geopolitik, GlobalTrat, bernama Olivier Guitta mengatakan kemungkinan sejak tahun 2015 hingga sekarang. Ia pun sempat mengatakan jika keamanan Indonesia mengkhawatirkan.

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

"sangat mengkhawatirkan bagi keamanan Indonesia bahwa begitu banyak warga negaranya yang telah bergabung atau mencoba bergabung dengan ISIS di Suriah". Tutur Guitta via akun Twitternya. "Jumlah warga Indonesia anggota ISIS yang ditangkap di Turki benar-benar membingungkan dan merupakan kejutan besar karena mereka nomor 2," 

Sementara itu menurut analis terorisme Sudney Jones, banyaknya jumlah warga Indonesia yang ditangkap di Turki dimungkinkan karena faktor banyak wanita serta anak-anak yang ditangkap pula. Tak bisa dipungkiri, banyak WNI yang pergi ke Suriah bersama keluarga mereka.

"Ketika Anda mengatakan 'jihadis', imej Anda adalah salah satu petempur pria, namun banyak warga Indonesia yang pergi bersama keluarga dengan tujuan yang salah arah yakni membesarkan anak-anak mereka di negara yang murni Islam," tutur Jones.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)