home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Setelah Baca Ini Kamu Bakal Mikir Dua Kali untuk Makan Kue Ulang Tahun

Minggu, 30 Juli 2017 21:00 by fzhchyn | 7700 hits
Setelah Baca Ini Kamu Bakal Mikir Dua Kali untuk Makan Kue Ulang Tahun
Image source: videoblocks.com

DREAMERS.ID - Perayaan ulang tahun selalu identik dengan kue berhias lilin. Namun di balik cantik atau lezatnya kue ulang tahun ada sebuah fakta yang cukup mengejutkan yang mungkin membuat kamu berpikir ulang untuk menyantapnya.

Data baru menunjukkan bahwa ritual meniup lilin ternyata bisa meninggalkan bakteri di kue ulang tahun. Sebuah tim peneliti di Clemson University di South Carolina, AS, menemukan bahwa air liur yang menyebar dari tiupan lilin ulang tahun meningkatkan bakteri di lapisan gula sebesar 1.400 persen.

Dr. Paul Dawson, seorang profesor di universitas tersebut, melakukan penelitian dengan sekelompok mahasiswa sarjana untuk memberikan wawasan baru soal keamanan pangan. Dia mendapat ide untuk penelitian ini dari pengalamannya sendiri sebagai seorang ayah. "Saya mendapat ide itu dari anak perempuan saya dalam sebuah obrolan makan malam yang santai saat saya menjelaskan proyek tersebut kepadanya," katanya kepada Daily Mail Online.

Dalam penelitiannya, tim peneliti meletakkan lapisan kue (frosting) pada selembar alumunium foil di atas styrofoam bulat  berbentuk kue, yang ditusuki lilin. Sebelum meniup lilin, mereka semua makan pizza, untuk membuat seolah-olah mereka mengadakan pesta ulang tahun, dan membantu kelenjar ludah berproduksi. Mereka kemudian menyalakan lilin dan meniupnya.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Tim peneliti menemukan bahwa ada banyak bakteri, namun yang lebih mengherankan, setiap tiupan menghasilkan berbagai jenis bakteri. Rata-rata, tiupan lilin menyebabkan pertumbuhan bakteri sebanyak 14 kali di frosting. Namun, dalam satu kasus, meningkat lebih dari 120 kali, menunjukkan beberapa orang mentransfer lebih banyak bakteri daripada yang lain.

Tapi, Dr Dawson mengatakan data baru ini seharusnya tidak merusak pesta ulang tahun. "Menurut pendapat saya, Anda akan baik-baik saja memakan kue ulang tahun itu meski seseorang meniup lilin ulang tahun di atas kue," jelasnya. "Kurasa Anda tidak akan sakit."

Mulut manusia memang penuh bakteri namun kebanyakan tidak berbahaya. Selain itu, jika meniup lilin pada kue ulang tahun benar-benar menyebabkan penyebaran penyakit mematikan itu akan jelas karena seberapa umum praktik ini, terutama pada anak-anak. Dr Dawson mengatakan bahwa dia mungkin menghindari kue itu jika melihat si peniup lilin tampak sakit, tapi jika tidak ya oke-oke saja.

(fzh/Intisari Online)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)