home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

'Lucifer', Fenomena Gelombang Panas Terparah di Eropa hingga 44 Derajat Celsius

Senin, 07 Agustus 2017 11:30 by reinasoebisono | 1153 hits
'Lucifer', Fenomena Gelombang Panas Terparah di Eropa hingga 44 Derajat Celsius
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Gelombang panas luar biasa pernah terjadi di Iran, Mesir hingga Korea Selatan. Fenomena alam ini membuat warga bisa memasak di luar ruangan tanpa api, hingga banyak korban tewas karena sengatan panasnya.

Namun tahun ini, fenomena serupa terjadi di tanah Eropa yang terkenal jarang memiliki suhu panas. Melansir Kompas, gelombang panas terparah selama lebih dari satu dekade terakhir melanda benua tersebut dengan duhu mencapat 44 derajat celsius.

Gelombang tersebut dinamakan ‘Lucifer’ dan menyerang Italia serta kawasan Balkan yang jadi daerah terkena dampak paling parah. Di Roma, suhu tertinggi mencapai 43 derajat celsius sedangkan warga Sisilia mengalami panas 42 derajat celsius.


Image source: Sky News

Hingga berita ini ditulis, seorang warga Romania dan satu lagi dari Polandia dinyatakan tewas akibat gelombang ‘Lucifer’. Sejumlah orang juga dikabarkan dirawat di rumah sakit. Kebakaran juga terjadi di Aldania sementara tentara bersama petugas pemadam kebakaran bekerja sama menindak api lebih lanjut.

Baca juga: Gelombang Panas Korea Selatan Catat Angka Tertinggi Sepanjang Sejarah Sebabkan Kematian Warganya

Dari foto-foto yang beredar di NY Times, seekor harimau Sumatera di Kebun Binatang Roma pun rela menyantap bongkahan-bongkahan es batu untuk mendinginkan dirinya. Tak ketinggalan beruang kutub di Kebun Binatang Budapest juga enggan beranjak dari gunung es buatan.



Image osurce: NY Times

Karena itu, warga hingga wisatawan dihimbau untuk tetap berada di rumah atau dalam ruangan dengan banyak meminum air. Mereka juga disarankan mendinginkan tubuh di pancuran publik dan menggunakan payung saat berjalan di luar.

Menurut kajian terbaru dari jurnal ilmiah ‘The Lancet Planetary Helath’, cuaca ekstrim seperti ini berpotensi membunuh 152 ribu orang setiap tahunnya hingga tahun 2100 mendatang jika perubahan iklim dihalau. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)