home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan di Balik Karyawan MBC Mogok Kerja Hingga Buat Banyak Program Terancam Batal Tayang

Kamis, 31 Agustus 2017 14:00 by fzhchyn | 58069 hits
Alasan di Balik Karyawan MBC Mogok Kerja Hingga Buat Banyak Program Terancam Batal Tayang
Image source: pdjournal.com

DREAMERS.ID - Belakangan banyak program dari stasiun televisi publik Korea Selatan MBC dikabarkan bakal berhenti tayang. Hal ini dikarenakan banyak produser dan juga karyawan yang melakukan mogok kerja dan memboikot penayangan sejumlah program.

Dilansir dari laporan Yonhap, serikat pekerja MBC pada Selasa (29/8) lalu telah melakukan voting untuk melakukan mogok kerja pada awal bulan depan. Mereka menuntut sang CEO Kim Jang Gyeom untuk mengundurkan diri dari jabatannya atas dugaan campur tangan politik dalam produksi berita.


CEO MBC Kim Jang Gyeom (Image: Naver)

Serikat pekerja tersebut mengatakan bahwa mereka melakukan voting atau pemungutan suara untuk memutuskan apakah akan melakukan mogok kerja atau tidak. Dan hasilnya sebanyak 93,2 persen dari 1682 anggota memilih untuk melakukan mogok kerja. “Ini adalah tingkat persetujuan tertinggi untuk mogok kerja secara umum dalam sejarah serikat pekerja,” ujar perwakilan.

Sebanyak 400 reporter, produser TV, jurnalis kamera, dan penyiar berita telah melakukan boikot pada produksi berita dan menuntut CEO mereka Kim Jang Gyeom untuk mundur. Kim mendapat kecaman karena menggunakan pengaruhnya untuk membuat pemberitaan yang menguntungkan pemerintahan mantan presiden Park Geun Hye.

Baca juga: HYBE dan MBC Akhirnya Berdamai Setelah 4 Tahun Konflik

Di antara tuduhan campur tangan berita yang dimaksud, The Korea Times melaporkan bahwa karyawan MBC dipaksa untuk mengedit dan menghapus bagian di mana keluarga koban tragedi Feri Sewol nampak menangis.

Jika terjadi, ini akan menjadi mogok kerja besar-besaran yang terjadi dalam lima tahun terakhir. Pada 2012 lalu, serikat pekerja MBC juga melakukan mogok kerja selama 170 hari dan menuntut mantan CEO Kim Jae Chul karena kebebasan jurnalisme.

Para eksekutif MBC membantah tuduhan tersebut dan menolak untuk mengundurkan diri. Sebelumnya pada Selasa, MBC telah mengirim surat kepada seluruh karyawan dan meminta untuk tidak berpartisipasi dalam mogok kerja. “Meminta seorang eksekutif yang sudah ditunjuk menurut hukum dan prosedur untuk mundur (dari jabatan) adalah perilaku yang menghancurkan peraturan hukum dan demokrasi,” tulis surat MBC.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)