home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Ada Peraturan Gratis, Porter Bandara Soetta Tetap Terima Tip?

Jumat, 01 September 2017 22:00 by reinasoebisono | 1455 hits
Sudah Ada Peraturan Gratis, Porter Bandara Soetta Tetap Terima Tip?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Per 1 September hari ini, porter di Bandara Soekarno-Hatta berubah nama menjadi airport helper. Menariknya, diberlakukan peraturan layanan gratis untuk airport helper dan ada tulisan ‘No Tipping’ atau dilarang memberikan tip kepada petugas tersebut.

Namun melansir Detik, ada pula calon penumpang yang tetap memberi tip. Sebagai informasi untuk penumpang, perubahan ini juga dicantumkan di monitor jadwal penerbangan. Hal itu juga diakui oleh salah seorang airport helper.

"Iya (kausnya 'No Tipping'), kalau orangnya ngerti, Mbak. Kalau nggak ngerti ya saya kasih tahu. (Ini layanan berlaku) Semua bandara, mulai (terminal) 1 sampai ultimate, terminal 3 yang baru, yang besar itu," sebut seorang airport helper yang berjaga di area kedatangan Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (1/9).

"Sudah nggak ada tip kita. Misal ada yang mau ngasih ya lihat sikon (situasi dan kondisi) saja deh. Saya sebisa mungkin menolak karena sudah digaji tak kejar setoran lagi. Tapi kalau misal mau ngasih, mereka maksa, ya di mana toleransinya? Kan dia ngasih terus kita tolak nanti kecewa," katanya melanjutkan.

Baca juga: Oppo Pertama Kali Buka Store di Bandara Soekarno-Hatta, Begini Penampilannya

Menurut petugas tersebut, layanan berlaku di area drop-off hingga check in, ketika penumpang menitipkan bagasinya. Jasa ini pun berlaku 24 jam dengan jumlah petugas yang sama di area kedatangan mau pun keberangkatan.

Para petugas ini diatur oleh anak perusahaan PT Angkasa Pura II, yaitu PT Angkasa Pura Solusi di mana sebelumnya para petugas mengandalkan pendapatan dari tip dan target. Kini airport helper akan digaji sesuai UMR.

Untuk saat ini, airport helper masih fokus pada soaialisasi perubahan layanan menjadi gratis. Namun petugas tersebut di atas belum bisa memastikan apakah jumla penumpang yang menggunakan jasanya akan meningkat karena layanan ini atau tidak.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)