home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awal Cerita Patung Tugu Tani Jakarta yang 'Keukeuh' Disebut Miliki Makna Komunis dan PKI

Kamis, 05 Oktober 2017 11:20 by reinasoebisono | 2717 hits
Awal Cerita Patung Tugu Tani Jakarta yang 'Keukeuh' Disebut Miliki Makna Komunis dan PKI
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Isu komunis atau PKI tengah hangat diperbincangkan belakangan. Selain bertepatan dengan peringatan hari G30S/PKI pada akhir September lalu, kini sebuah simbol di Jakarta Pusat dituding juga memiliki pesan komunis.

Patung Tugu Tani menjadi sasaran dan lokasi aksi massa 299 oleh Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Antikomunisme dan Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) yang menolak Perppu Organisasi Kemasyarakatan dan Dugaan Kebangkitan PKI.

"Menurut saya siapapun boleh berpendapat. Tapi, saya percaya dari (keterangan) senior-senior saya para pegiat antikomunis dan para purnawirawan bahwa Tugu Tani adalah simbol PKI," ujar Koordinator FUIB Rahmat Himran melansir CNN. "Patung ini dibangun karena terjadinya sejarah kelam peristiwa PKI di Indonesia, dengan menggambarkan patung tani yang menari, memegang senjata dan pakai topi petani. Ini PKI sekali,"

Baca juga: Respon Ruhut Sitompul Soal Kisruhnya Kasus Sebutan 'Anak PKI' yang Menyeret Dilontarkannya

Yang dipermasalahkan lainnya adalah patung itu menjadi sumbangan Uni Soviet yang memang memiliki ideologi komunis. Namun hubungan kenegaraan tersebut hanya sebatas hubungan baik yang memang telah bersahabat dengan Indonesia sejak lama.  

Sedari dulu pun, Uni Soviet banyak membantu pembangunan Indonesia. Misalnya Stadion Gelora Bung Karno di Senayan, yang pada masa Orde Baru namanya diubah menjadi Stadion Utama Senayan. Sejarawan LIPI Asvi Warman Adam pun megatakan jika patung tersebut mengacu pada perjuangan Pembebasan Irian Barat, bukan komunis atau PKI.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)