home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dugaan Penjelasan Soal AirAsia Indonesia Terjun Bebas Puluhan Ribu Kaki yang 'Tidak Benar'

Rabu, 18 Oktober 2017 14:05 by reinasoebisono | 1127 hits
Dugaan Penjelasan Soal AirAsia Indonesia Terjun Bebas Puluhan Ribu Kaki yang 'Tidak Benar'
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ535 sebelumnya diberitakan ‘terjun bebas’ dari ketinggian 34 ribu kaki ke 10 ribu kaki dalam waktu singkat yang membuat penumpang panik. Dikatakan pula ada kesalahan teknis yang menyebabkan hal itu terjadi.

Banyak analisis  berkembang untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Setiap negara pun pasti memiliki badan penyelidik keamanan transportasi berbeda. Jika di Amerika ada NTSB atau National Transportation Safety Board, Indonesia memiliki KNKT atau Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

Namun melansir Kompas, kasus AirAsia QZ535 memiliki dugaan penjelasaan sendiri hingga bisa bisa disebut ‘jatuh’ dari ketinggian 34 ribu yang disebutnya ‘tidak benar’ Karena sebenarnya pesawat dibangun dengan bentuk yang aerodinamis, sehingga tidak bisa disamakan jatuhnya pesawat dengan jatuhnya batu yang seketika dan vertikal.

Baca juga: Pengakuan 'Muak' CEO AirAsia Pada K-Pop yang Miliki Istri Orang Korea Selatan

Bentuk pesawat terbang menjadikannya meluncur dengan sudut kemiringan tertentu tergantung pada berat pesawat. apabila pesawat terbang yang tengah terbang tinggi sekitar 34.000 kaki mengalami gangguan pada sistem pengaturan udara dan tekanan dalam kabin (Aircraft Air Conditioning and Pressurization System), maka prosedur keadaan darurat mengharuskan pesawat terbang secepat mungkin turun ke 10.000 kaki.

Karena, pada 34.000 kaki dengan gangguan sistem pengaturan udara dan tekanan kabin, maka akan terjadi kondisi kekurangan oksigen dan kekurangan tekanan udara yang membahayakan nyawa manusia. Dan persediaan oksigen dalam pesawat hanya mampu hingga 15 menit.

Karena itu pesawat harus dengan cepat diturunkan ke 10 ribu kaki agar kembali mendapatkan kadar oksigen dan tekanan udara yang normal, sehingga terasa seperti ‘jatuh’. Namun kembali melansir Kompas, penjelasan ini untuk memberi pandangan lain sebelum mendapat penjelasan resmi dari pihak AirAsia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)