home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kunjungi Ratusan Negara, Ratu Elizabeth II Ternyata Tidak Punya Paspor?

Sabtu, 21 Oktober 2017 09:50 by Dits | 1841 hits
Kunjungi Ratusan Negara, Ratu Elizabeth II Ternyata Tidak Punya Paspor?
image source: people.com

DREAMERS.ID -Ratu Elizabeth II menjadi pemegang kekuasaan Kerajaan Inggris terlama. Ia naik takhta menjadi penguasa Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru sejak 1952 silam. Hingga saat ini, tercatat bahwa sang Ratu telah berkuasa selama 65 tahun dan berhasil mengalahkan sang nenek buyut, Ratu Victoria.

Tentunya selama memegang kekuasaan, Ratu Elizabeth II memiliki sejumlah hak istimewa yang terbilang unik, salah satunya adalah paspor. Fakta mengungkap kalau sang Ratu merupakan satu-satunya warga Inggris yang tidak memerlukan paspor untuk berpergian mengunjungi negara lain.

Baca juga: Meghan Markle Ungkap Perasaan Usai Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Sebagai informasi, Ratu Elizabeth II sendiri telah mengunjungi lebih dari 120 negara dengan 270 perjalanan. Ia pun sudah menempuh jarak lebih dari satu juta mil saat bepergian.

Hal tersebut tak lain terjadi karena salah satu dokumen kelengkapan paspor yang menyebut nama kepala negara tidak bisa diterbitkan. "Untuk paspor Inggris dikeluarkan atas nama Yang Mulia Ratu, maka Ratu tidak perlu untuk memilikinya," demikian keterangan situs web kerajaan, yang dikutip dari laman express via Viva.co.id.

Akan tetapi Ratu Elizabeth II diwajibkan untuk melakukan satu prosedur sebelum pergi meninggalakn Inggris. Diketahui sejak 2009 lalu, ia harus memberikan rincian data pribadi seperti nama lengkap, umur, alamat, kewarganegaraan, dan tempat lahirnya. Hal tersebut dilakukan untuk memeriksa daftar nama teroris dan kriminal.

Selain tidak memerlukan pasport, Ratu Elizabeth II juga memiliki hak istimewa lainnya seperti menyetir tanpa SIM, memiliki mesin ATM pribadi yang terdapat di istananya Buckingham Palace, hingga kebal hukum 100%.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)