home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gedung Baru DPRD DKI Senilai Rp 500 Miliar Rusak dan Bahayakan Pejalan Kaki

Sabtu, 16 Desember 2017 20:12 by RanaHanin | 1498 hits
Gedung Baru DPRD DKI Senilai Rp 500 Miliar Rusak dan Bahayakan Pejalan Kaki
image source: dprdjakarta.blogspot.com

DREAMERS.ID - Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru-baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut-sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan.

Terdapat bagian tembok melengkung, sejumlah cone dan tali dipasang untuk membuat kawasan di sekitar lokasi melengkungnya tembok steril dari pejalan kaki. Titik lengkungan tembok berada di lantai 11 gedung. Ruangan tersebut tidak digunakan untuk berkantor, namun merupakan ruangan filler untuk mengatur distribusi suhu pendingin ruangan.


image source: kompas

Melengkungnya tembok tersebut sudah terjadi sejak hari Senin (11/12) seperti apa yang dikatakan oleh petugas keamanan di sekitar lokasi. Pada Jumat (15/12), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melihat langsung kondisi tembok gedung tersebut dan menemukan tembok mengalami keretakan dan kemiringan hingga 20 derajat.

Mengenai kerusakan tersebut, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI, Muhammad Yuliadi mengatakan, perbaikan tembok gedung DPRD yang melengkung masih tanggung jawab perusahaan konstruksi yang membangun gedung tersebut.

"Perbaikannya masih jadi tanggung jawab PT Jaya Konstruksi. Kami memang tidak ada anggaran untuk perbaikan besar gedung seperti ini. Kalau biaya perawatan ringan sehari-hari ada anggarannya," kata Yuliadi melansir Kompas.com, Kamis (14/12).

Kerusakan ini bukanlah yang pertama kalinya terjadi, padahal dedung baru DPRD DKI ini baru dibangun pada tahun 2012. Artinya, usia bangunan tersebut baru sekitar 5 tahun. Namun baru sekitar 2 tahun dibangun, gedung baru DPRD DKI sudah terjadi beberapa kerusakan.

Kerusakan tersebut mencakup plafon yang jebol, kaca tidak mengilat, tombol lift longgar, lantai lift rusak, pintu lift yang berbunyi dan lambat, kloset duduk yang tampak seperti barang lama, dan tombol siram (flush) toilet yang tidak berfungsi baik.

Sebagai informasi, gedung 11 lantai yang dibangun dengan anggaran lebih kurang Rp 500 miliar, memiliki luas lahan 5.984 meter persegi. Sedangkan bangunannya seluas 5.000 meter persegi, memiliki basement tiga lantai dengan kapasitas parkir sebanyak 186 kendaraan. Sementara itu, luas gedung DPRD DKI yang baru dari lantai 1 sampai 11 adalah 15.604 meter persegi.

(rmh)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)