home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peneliti LIPI Sebut Temuan Cacing dalam Ikan Makarel Kalengan Adalah Hal Biasa?

Sabtu, 31 Maret 2018 14:11 by reinasoebisono | 1898 hits
Peneliti LIPI Sebut Temuan Cacing dalam Ikan Makarel Kalengan Adalah Hal Biasa?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Heboh fenomena di dunia pangan Indonesia soal penemuan cacing parasit jenis Anisakis simplex. Awalnya, cacing ini ditemukan di tiga merek impor, namun belakan ditemukan pula di belasan produk lokal dan diperintahkan ditarik dari peredaran oleh BPOM.

Menanggapi hal tersebut, peneliti ikan Pusat Penelitian (Puslit) Oseanografi Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Fahmi, mengatakan, bukan hal yang mengagetkan apabila ikan terinfeksi cacing parasit seperti kasus yang heboh saat ini, mengutip Kompas.

Alasannya adalah, perairan juga tak hanya dihuni oleh ikan saja, tapi ada organisme lain di dalamnya. Jika ikan tersebut tinggal di habitat yang sama dengan cacing parasit, bukan hal aneh jika peluang cacing juga akan ada di ikan-ikan.

Misalnya cacing Anisakis simplex ini keberadaanya tersebar luas di Samudra Pasifik dan perairan tropis lain, bahkan sampai Antartika,” ujarnya melalui pesan singkat.

Ikan Makarel Pasifik atau Chub Makarel (Scomber japonicas)  umumnya memang dijumpai di Samudera Pasifik. Di antaranya di perairan negara India, China, Jepang, Korea, dan India. Ikan makarel juga mendiami perairan tropis. Menurut sumber dari laman BPOM pun, ikan yang umumnya tercemar cacing ini berasal dari perairan Cina.

Fahmi menjelaskan lebih lanjut jika penemuan cacing parasit membuktikan kondisi ikan yang masih mentah, sehingga dihimbau untuk dimasak terlebih dulu. Bagian tubuh ikan yang biasa disusupi cacing adalah usus, karena itu disarankan bagian perut untuk dibersihkan tuntas.

Namun tidak menutup kemungkinan jika infeksi cacing menjalar hingga ke daging. Fahmi berpesan, "Setiap membeli ikan segar, kotoran dan isi perut ikan dibuang dulu. Baru dimasak sampai matang.”

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)