home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Geger Prediksi Gempa Dahsyat Berpotensi Tsunami 57 Meter Pandeglang yang Bisa Capai Jabodetabek

Jumat, 06 April 2018 10:21 by reinasoebisono | 3516 hits
Geger Prediksi Gempa Dahsyat Berpotensi Tsunami 57 Meter Pandeglang yang Bisa Capai Jabodetabek
Image source: National Geographic

DREAMERS.ID - Pakar BPPT Widjo Kongko membuat heboh masyarakat setelah membuat permodelan gempa dan tsunami di daerah Pandeglang yang berkekuatan dan memberi efek sangat besar. Ia memprediksi tsunami 57 meter yang bisa mencapai Jabodetabek.

Namun tsunami itu memiliki syarat hingga bisa sampai terjadi, yaitu karena adanya gempa megathrust sebesar 9 Skala Richter. Disebut akan jauh lebih besar dari gempa dan tsunami Aceh karena kedalaman laut di Jawa bagian barat lebih dalam dibandingkan di Aceh.

Seperti gempa yang lain, bencana getaran lempeng bumi ini tidak bisa diprediksi kapan waktu terjadinya. Gempa hanya bisa diprediksi dari sisi besaran dan dampaknya, melihat dari sejarah gempa yang pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

Gambaran efek tsunami yang dilansir dari Detik, Pandeglang bisa mendapat terjangan setinggi 57 meter. Sementara semakin ke arah Jakarta, Serang-Banten mengalami tsunami 5.5 meter, Tangerang 4.2 meter hingga Bekasi Utara 2.8 meter dan Jakarta Utara 2,4 meter.

Seperti ini 6 permodelan gempa megathrust dan tsunami besar yang dibuat oleh pakar BPPT:

Skenario pertama adalah gempa megathrust Enggano dengan magnitude 8,4. Skenario kedua adalah gempa megathrust Selat Sunda dengan magnitude 8,7 dan Skenario keempat adalah gempa megathrust Jawa Barat Tengah dengan magnitude 8,7.

Skenario keempat adalah gabungan gempa megathrust Enggano dan Selat Sunda dengan magnitude 8,8. Skenario kelima adalah gabungan gempa megathrust Selat Sunda dan Jawa Barat Tengah dengan magnitude 8,9. Skenario keenam adalah gabungan tiga megathrust dengan magnitude 9.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)