home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Waspadai Grup 'Hacker' Berbahaya dan Mumpuni Korea Utara, Reaper

Jumat, 06 April 2018 13:50 by reinasoebisono | 2188 hits
Korea Selatan Waspadai Grup 'Hacker' Berbahaya dan Mumpuni Korea Utara, Reaper
Image source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Korea Selatan tak hanya menghadapi ancaman perang saudara atau pun isu senjata nuklir dari Korea Utara, namun lini dunia maya juga terancam dengan kelompok peretas alias hacker yang dinilai cukup mumpuni karena dapat melampaui Negeri Gingseng itu.

Bertahun-tahun, melansir Korea Herald, Korea Utara melancarkan serangan siber dalam skala besar kepada Korea Selatan. Dengan maksud mencuri kunci keamanan intelijen yang bertujuan menghasilkan uang untuk rezim kepemimpinan.

Meski pun disebut sulit untuk mengetahui peta peretasan Korut, perusahaan keamanan siber, FireEye baru mengidentifikasi kelompok spionase Korea Utara mampu meluncurkan serangan dunia maya yang sangat canggih.


Image source: Korea Herald

Bahayanya, kelompok yang diketahui bernama Reaper ini juga menargetkan organisasi tidak hanya di Korea Selatan tapi juga negara lain. Reaper atau yang memiliki sandi APT37, adalah grup penjahat dunia maya yang terafiliasi dengan Korut dan ada sejak tahu 2012.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Sebelumnya, APT37 kerap menargetkan agensi-agensi pemerintahan yang terlibat dalam panduan kebijakan serta strategi industri pertahanan. Biasanya, kelompok ini mengirimkan target phising email yang mengandung malware dengan mengorbankan situs web yang sering dikunjungi.

Seperti yang telah disebutkan tak hanya di Korea Selatan, aksi spionase dunia maya yang berbahaya ini tak hanya dilakukan saat masa tegang seperti yang terjadi antara Korsel-Korut, namun juga menargetkan negara-negara damai.

Negara di Asia-Pasifik juga dihimbau meningkatkan pertahanan siber karena wilayah ini, termasuk Indonesia, termasuk yang paling lambat mendeteksi penyusup siber. Berbeda jauh dibandingkan mereka yang tinggal di Amerika Utara dan Eropa.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)