home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dikubur 12 Tahun, Jasad Mantan Pemimpin Irak Saddam Hussein Heboh Dikabarkan Hilang

Jumat, 20 April 2018 10:03 by reinasoebisono | 2454 hits
Dikubur 12 Tahun, Jasad Mantan Pemimpin Irak Saddam Hussein Heboh Dikabarkan Hilang
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Isu hilangnya jasad mantan pemimpin Irak, Saddam Hussein menghilang kembali merebak. Tepatnya di Desa Al Awja, Irak, terdapat makam yang dibangun berbentuk mausoleum atau monumen yang jadi tempat peristirahatan terakhir pria yang disebut diktator itu.

Sayangnya, monumen makan itu hancur karena pertempuran di Irak di mana pesawat angkatan udaranya membom habis kompleks makan tersebut. Kondisinya kini pun rusak parah hingga menjadi puing reruntuhan.

Melansir Liputan6, ada beberapa pihak yang mengatakan jika makam tersebut sebenarnya kosong. Spekulasi pemindahan jenazah muncul beberapa tahun lalu diduga karena konflik bersenjata di Irak. Jenazah Saddam Hussein disebut telah dipindahkan sebelumnya ke tempat yang lebih aman dan bebas dari bombardir udara.

Kelompok paramiliter Syiah anti-Saddam Hussein, Hashed Al Shaabi, yang menjaga makam itu melaporkan bahwa makam Saddam Hussein di Al Awja hancur akibat bombardir udara yang dilakukan oleh pasukan koalisi pada puncak operasi militer dalam perang melawan ISIS di Irak. Makam itu dirudal karena dijadikan tempat bersarang para penembak jitu teroris.

Ada pun isu pemindahan itu dilakukan oleh sang putri, Hala Hussein yang tengah berada dalam pengasingan. Kabarnya, Hala memindahkan jenazah ayahnya ke Yordania, kata pasukan Hased Al Shaabi yang tak ingin disebut namanya tersebut.

Namun para cendekiawan Irak menyangsikan teori penjemputan jenazah oleh Hala Hussein itu.  "Mustahil. Hala Hussein tak mungkin kembali ke Irak." ujar si cendekiawan. "Tapi, jasad Saddam bisa saja dipindahkan secara rahasia ke lokasi yang tak diketahui oleh publik. Tak ada orang yang tahu proses dan lokasi pemindahannya,"

Berbeda lagi dengan Jaafar Al Gharawi, kepala keamanan kelompok paramiliter Hashed Al Shaabi, membantah kabar pemindahan jasad dan makam Saddam Hussein. "Jenazah itu masih ada di sana (di Al Awja) -- terlepas dari serangan udara yang melanda," ujarnya kepada AFP.

Sebelum hancur, makam itu menjadi situs ziarah yang dihias mewah. Di mana setiap tahunnya pada 28 April yang jadi hari peringatan ulang tahun Saddam Hussein, para pendukung dan sekelompok anak sekolah setempat akan berkumpul di sana.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)