home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengapa Baju Baru Harus Dicuci dulu Sebelum Dipakai?

Rabu, 20 Maret 2013 12:30 by citra09 | 14634 hits
Mengapa Baju Baru Harus Dicuci dulu Sebelum Dipakai?
collegefashion.net

Memiliki seuatu yang baru memang terkadang membuat kita tak sabar untuk mencoba dan memamerkannya pada teman-teman, termasuk pada saat kita memiliki baju baru. Namun saat membeli baju baru, sebaiknya jangan langsung dipakai dan cucilah terlebih dahulu. Jika tidak, maka siap-siap terkena dampak yang tidak baik bagi tubuh kita.

Pertama, pakaian yang kita beli tentu saja melewati berbagai macam proses, seperti proses pemintalan benang, proses membuat kain, pewarnaan tekstil, pemotongan kain, penjahitan, proses mengemas dan masih banyak lagi. Semua proses tersebut meninggalkan berbagai zat kimia yang bisa membuat alergi kulit pada sebagian orang, terutama pada kulit anak-anak yang masih sangat sensitif.

Coba cium bau pakaian yang baru kita beli. Maka, akan terdapat bau zat kimia yang khas. Itu adalah bau pabrik pakaian atau lebih tepatnya aroma campuran dari berbagai zat pewarna tekstil, zat pemutih dan lain sebagainya. Atau saat kita mencucinya, maka dari air rendamannya akan terlihat zat pewarna yang mengandung banyak bahan kimia.

Kedua, sebelum kita membeli pakaian tersebut, pastinya ada puluhan bahkan ratusan orang yang telah mencoba pakaian itu namun tidak membelinya. Yap, Setiap orang yang mencoba pakaian itu meninggalkan banyak hal, tak hanya noda makanan,  tapi make up yang menempel dan keringat.

Baca juga: Sering Menemui Letak Logo Pakaian di Sisi Kiri? Ternyata Ada Alasannya Lho!

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Philip M. Tierno, Ph.D., seorang Clinical Professor of Microbiology and Pathologymenemukan banyak bakteri dan kuman yang tertinggal pada sampel berbagai pakaian baru, seperti baju, celana, dan bahkan pakaian dalam yang dijual di toko. Pada pakaian tersebut, ditemukan bekas ludah, bakteri kulit, organisme yang biasa ditemukan pada vagina, bahkan terdapat sisa kotoran manusia (feses).

Setelah membaca dua hal di atas, kita pasti tidak ingin mengalami masalah kesehatan karena pakaian baru. Nah, coba lakukan tips ini:

1. Saat membeli pakaian baru, selalu minta stok pakaian yang masih dalam lipatan dan belum dicoba. Pakaian yang dipajang atau digantung adalah pakaian yang paling sering dicoba calon pembeli.
2. Selalu cuci pakaian baru dengan merendamnya minimal satu jam dengan detergen anti kuman dan bakteri.
3. Jika pakaian tersebut bisa dicuci dengan air panas, rendam dengan air panas.
4. Sikat atau kucek bagian lipatan leher, ketiak, paha dalam dan lipatan lain. Bagian inilah yang banyak meninggalkan bakteri.

(sumber: vemale)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)