home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Penjelasan Secara Ilmiah Soal Suara 'Yanny vs Laurel' yang Viral

Kamis, 17 Mei 2018 14:04 by fzhchyn | 2785 hits
Begini Penjelasan Secara Ilmiah Soal Suara 'Yanny vs Laurel' yang Viral
Image source: Wired

DREAMERS.ID - Netizen di media sosial tengah dihebohkan dengan file rekaman suara yang memicu perdebatan. Pasalnya, dalam rekaman berdurasi sangat singkat tersebut sebagaian netizen mendengar kata ‘Yanny’ namun sebagian lainnya mendengar kata ‘Laurel’.

Hal ini kemudian menarik perhatian dan banyak yang penasaran mengenai apa alasan perbedaan pendengaran dari banyak orang tersebut. Rupanya, hal ini terkait dengan rekaman yang dilakukan. "Ini bukan (rekaman) berkualitas sangat tinggi. Dan itu memungkinkan ada beberapa ambiguitas," ungkap Brad Story, seorang profesor ahli berbicara, bahasa, dan pendengaran dikutip dari CNN.

Selain itu, Story menyebut bahwa cara orang mendengar (alat yang digunakan) juga mempengaruhi perbedaan pendapat ini. Ia kemudian melakukan analisis akustik terhadap rekaman tersebut dari komputer dan merekam suaranya sendiri ketika mengucapkan "Yanny" dan "Laurel" sebagai perbandingan.

"Ketika saya menganalisis rekaman Laurel, resonansi ketika sangat tinggi untuk huruf L. Resonansi turun untuk huruf R dan naik lagi pada L," ujarnya. "Hal yang menarik tentang kata Yanny adalah frekuensi kedua yang dihasilkan jalur vokal kita mengikuti jalur yang hampir sama, dalam hal apa yang tampak seperti spektografis, seperti Laurel," sambungnya.

Baca juga: Netizen Korea Tertawakan Fans Internasional yang Anggap GD-Jennie Sebagai Pengalihan Isu

Dengan kata lain, ini berhubungan dengan kualitas suara yang didengar. "Jika Anda memiliki kualitas rekaman yang rendah, tidak mengherankan jika beberapa orang akan bingung resonansi kedua dan ketiga, sehingga mendengar kata Yanny bukannya Laurel," Story menjelaskan.

Profesor yang bekerja di Universitas Arizona itu juga menyebut, jika kita mengubah nada asli rekaman itu maka kedua kata akan terdengar. "Kemungkinan besar rekaman asli adalah kata 'Laurel'," tuturnya, mengutip Kompas.

Laurel.
Yanny.
Laurel.
Yanny.

Whichever one you're hearing, here's how a small change to the audio could help you know how the other half lives. https://t.co/QJm5iw7f3X pic.twitter.com/Qpv0mB6tOa

— CNN (@CNN) May 17, 2018

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)