home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simpan Peta Jalur Mudik Pulau Jawa 2018 untuk Mudahkan Kegiatan Pulang Kampung

Kamis, 24 Mei 2018 14:12 by reinasoebisono | 3768 hits
Simpan Peta Jalur Mudik Pulau Jawa 2018 untuk Mudahkan Kegiatan Pulang Kampung
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa.

Melansir Detik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan tiga jalur utama yaitu jalur lintas utara Jawa (Pantura), jalur lintas tengah Jawa, dan jalur lintas selatan Jawa (Pansela). Jalur-jalur ini pun dipersiapkan sebagai alternatif agar masyarakat tak hanya mengandalkan ruas jalan tol.

"Dengan adanya penambahan ruas-ruas jalan tol dan preservasi pada ruas-ruas jalan nasional (termasuk Pantai Utara, Lintas Tengah, dan Pantai Selatan Jawa dengan total panjang 1405 km), sehingga para pemudik memiliki alternatif rute dan tidak hanya mengandalkan kepada ruas-ruas jalan tol untuk sampai pada tujuan akhirnya," demikian keterangan dari Kementerian PUPR, Kamis (24/5).

"Terdapat beberapa titik kritis dikarenakan adanya pekerjaan konstruksi yang masih belum selesai dan telah disiapkan Plan B seperti di Kali Kenteng (Ruas Salatiga-Kartasura): 32,24 km (62,99%), target operasional Okt 2019," jelas Kementerian PUPR.

Baca juga: Kereta Wisata Lebaran Ludes Terjual, Ke Mana Sebenarnya Destinasi Favorit Masyarakat?

Dari peta yang dirilis, jalur Pantura bisa dilewati dari mulai Serang, Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur dengan total panjang 1.341 km. Sementara lintas tengah Jawa yang mencapai 1.197 km bisa ditempuh dari Bandung menuju Yogyakarta-Solo-Ngawi-Kertosono-Surabaya.

Untuk Pansela sendiri dapat dilintasi dari Banten-Sukabumi-Yogyakarta-Gunung Kidul-Pacitan-Ponorogo-Tulungagung-Banyuwangi. Rute Selatan ini dipersiapkan untuk mengurai kemacetan di Tol Trans Jawa dan Pantura.

Tentu saja selain itu, pemerintah juga berupaya meningkatkan perekonomian di wilayah-wilayah yang dilalui jalur tersebut. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setyadi Moerwanto mengatakan ada beberapa kelebihan dari jalur Pansela.

"Pertama jalurnya sepi, lalu bagus jalannya dan pemandangannya bagus," katanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)