home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tersambungnya Tol Jakarta-Surabaya Justru Diramalkan Akan Tambah Kemacetan

Jumat, 25 Mei 2018 11:30 by reinasoebisono | 30134 hits
Tersambungnya Tol Jakarta-Surabaya Justru Diramalkan Akan Tambah Kemacetan
Image source: Detik

DREAMERS.IDEuforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan.

Untuk menanggulanginya, pemerintah gencar membuat dan meresmikan jalur alternatif dan tol lintas pulau untuk mengurai kemacetan arus mudik nanti. Namun tak hanya akses jalan, Lembaga Yayasan Konsumen Indonesia atau YLKI juga meminta pemerintah mengaudit kemampuan rest area sepanjang tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya.

Karena dipastikan akses ini menjadi ‘buruan’ masyarakat yang mudik, ada kemungkinan kemacetan di tol Trans Jawa ini justru lebih parah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dan umumnya, rest area jadi penyumbang terbesar kemacetan.

Baca juga: Kereta Wisata Lebaran Ludes Terjual, Ke Mana Sebenarnya Destinasi Favorit Masyarakat?

"Tersambungnya tol Trans Jawa, dari Merak ke Surabaya akan mengakibatkan kebangkitan lalu lintas signifikan di jalan tol," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengutip Kompas. "Sangat mungkin kemacetan di jalan tol akan lebih parah daripada kemacetan mudik Lebaran tahun sebelumnya,"

Karena rest area selalu jadi titik krusial, tak heran amsyarakat akan ‘menumpuk’ berkumpul di sana dalam perjalanan mudik. Karena itu YLKI meminta audit keandalan rest area, mulai dari akses air bersih yang cukup di toilet, ketersediaan toilet portable, hingga penyediaan musholla yang lebih luas.

YLKI juga berharap pemerintah memastikan tidak ada antrean panjang di SPBU, kontrol harga makanan, hingga pemberlakuan buka tutup rest area yang sudah melebihi kapasitas.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)