home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Warga Malaysia Patungan Tutupi Utang Negara, Bersediakah untuk Indonesia?

Sabtu, 26 Mei 2018 13:44 by reinasoebisono | 6498 hits
Warga Malaysia Patungan Tutupi Utang Negara, Bersediakah untuk Indonesia?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Nampaknya tidak ada negara di dunia yang tidak memiliki utang. Indonesia sendiri sempat diperbincangkan karena memiliki utang ribuan triliun. Yang untuk sebagian orang dianggap kemunduran, sebagian lagi menganggap lumrah.

Namun untuk negara terangga, Malaysia, warganya dilaporkan urunan alias mengumpulkan uang untuk membayar utang negara yang tentu tidak sedikit. Hal itu diawali setelah Perdana Menteri Mahathir Mohamad memotong 10% gaji menterinya untuk membantu menutupi utang negara.

Melansir Detik, masyarakat Malaysia menyambut rencana tersebut hingga menggalang dana dengan nama “Please Help Malaysia's' yang bergerak di media sosial.

Bukan tidak mungkin ide tersebut dilakukan di Indonesia, mengingat utang bangsa sudah mencapai Rp 4.180,61 triliun per April 2018. Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yushistira menilai aksi yang dilakukan warga Malaysia cukup brilian.

Baca juga: Dua Negara Ini Resmi Tarik Satu Varian Indomie, Apa Kabar Indonesia?

"Idenya cukup brilian dengan membuat crowdfunding pelunasan utang. Meskipun hasilnya tidak seberapa dibandingkan total utang pemerintah yang akan dilunasi," kata Bhima.

"Karena utang adalah pajak yang ditunda, jika pemerintah berutang dalam jumlah besar sekarang, ke depannya akan dilunasi dari pajak generasi selanjutnya. Jadi modal utang seperti itu harus dikurangi," terang Bhima.

Melunasi utang juga bisa jadi perilaku positif untuk generasi milenial karena bagian jadi pencerdasan publik dan menyadari jika utang itu adalan beban ke depannya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)