home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral Karena Ditemukan Berukuran Raksasa, Ternyata Ikan Arapaima Berbahaya Dilepas ke Sungai?

Kamis, 28 Juni 2018 09:44 by Rie127 | 7725 hits
Viral Karena Ditemukan Berukuran Raksasa, Ternyata Ikan Arapaima Berbahaya Dilepas ke Sungai?
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Ikan Arapaima gigas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bentuk unik. Hal ini membuat siapa saja akan tertarik dengan jenis ikan satu ini. Namun bagaimana jika ikan Arapaima Gigas ternyata cukup berbahaya? 

Ditemukannya seekor ikan Arapaima Gigas di Sungai Brantas, Sidoarjo, Surabaya cukup menghebohkan warga sekitar. Ikan Arapaima sendiri bukanlah ikan asal Indonesia, melainkan ikan air tawar yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan.

Ikan Arapaima termasuk kedalam ikan yang keberadaannya cukup sedikit hingga terbilang langka. Para ahli menyarankan masyarakat untuk tidak melepaskan ikan tersebut kembali ke sungai.

"Ukuran ikan ini sangat besar dan mengancam populasi ikan di sungai. Selain itu, dikhawatirkan juga mengancam manusia, khususnya anak-anak atau balita," kata Haryono.

Baca juga: Viral Video Kolam Renang Sidoarjo Bergelombang Bak Tsunami, Danlanudal: Kuasa Tuhan

"Ikan Arapaima bukanlah ikan asli Indonesia. Panjang ikan di habitat aslinya bisa mencapai 4,5 meter. Predator ini sebetulnya sudah dilarang masuk ke Indonesia," katanya lagi.

Dia melanjutkan, pelarangan tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014. Ikan Arapaima menjadi salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi favorit bagi penggemar ikan di Indonesia karena ukurannya yang besar dan bentuknya yang eksotis.

Namun, masih banyak pemilik ikan Arapaima yang tidak berhati-hati sehingga ikan tersebut bisa lepas ke perairan umum. Karena itu sebaiknya diperhatikan kembali jika ingin memelihara dan melepasnya kembali, apakah ada dampak dan bahaya yang ditimbulkan.

(jjn)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)