home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Viralnya Isu 'Serangan' 2.800 Tenaga Kerja Asing Cina di Morowali

Senin, 09 Juli 2018 10:13 by reinasoebisono | 1661 hits
Penjelasan Viralnya Isu 'Serangan' 2.800 Tenaga Kerja Asing Cina di Morowali
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Ada isu yang digembar-gemborkan belakangan ini tentang adanya serbuan tenaga kerja asing (TKA) di Morowali. Bahkan, TKA yang dikatakan berasal dari Cina itu sebanyak 2.800 orang dan disembunyikan saat kunjungan Komisi IX DPR RI.

Hal ini akhirnya diungkapkan oleh Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf tentang TKA di PT Indonesia Mowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah. Ia menyebut, jika jumlah karyawan asing benar 2.800 orang, namun tenaga kerja lokalnya jauh di atas itu.

"Jumlah karyawan asing ada 2.500 TKA-nya. Sementara pekerja lokal-nya mencapai 28.000 orang!!!" tulis Dede lewat Facebook, Minggu (8/7). "Kami tidak menemukan serbuan TKA, yang ada justru puluhan ribu pekerja kita yang berasal dari sekitar Sulawesi," 

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Melansir Detik, jumlah TKA di PT IMIP hanya 10% dari total pekerja. Pejabat imigrasi juga menunjukkan laporan jika para TKA itu memiliki ijin kerja yang sah. Kebutuhan tenaga asing itu juga diprediksi karena ada proyek pembangunan smelter di awal dan tidak banyak orang Indonesia yang bisa membangun smelter.

"Kalau menurut kami begini, kalau mau diumpetin (TKA China) masa iya ada Bupati, ada Ketua DPRD, imigrasi, pihak Kemenaker. Masa iya sih semuanya berbohong? Kalau iya konspirasi besar itu," kata Dede.

"Saat ini pekerja asing sebagian besar sudah pulang karena pada saat pembangunan smelter di awal memang banyak sekali. Ketika sudah mulai berjalan dan berproduksi jumlah pekerja lokalnya berdasarkan laporan dari perusahaan, Disnaker, Imigrasi jumlah pekerja lokal hampir 50 ribu. Pekerja asingnya 2 ribuan," jelas Dede.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)