home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tiga Manfaat Sehat Konsumsi Sambal

Selasa, 26 Maret 2013 12:00 by citra09 | 3577 hits
Tiga Manfaat Sehat Konsumsi Sambal
damai.com

Hampir semua wilayah Indonesia memiliki menu masakan khas yang pedas alias diberi sambal. Tahukah kalian bahwa dalam porsi yang tepat dan tidak terlalu banyak, ada banyak manfaat kesehatan dari sambal. Ini dia 3 manfaat sehat mengonsumsi sambal, dilansir dari Voices Yahoo dan ditulis oleh Kristie Leong M.D, seorang dokter yang tergabung dalam American Medical Association:

1. Cegah Kanker
Sambal dapat membantu mencegah kanker karena tomat yang merupakan salah satu bahan sambal kaya akan kandungan lycopene seperti yang terdapat dalam tomat. Lycopene merupakan sumber yang baik dari karotenoid. Karotenoid merupakan antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan) yang dapat melindungi tubuh dari serangan kanker jenis tertentu. 

Baca juga: Pedas Nagih, Rahasia Nikmatnya Sambal Khas Indonesia yang Mendunia

2. Jaga Kesehatan Jantung
Tak hanya tomat, cabai yang menjadi bahan utama sambal juga dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena cabai mengandung serat. Tambahan bawang putih di dalam sambal juga membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dan jantung. Dengan asumsi, lauk yang kita makan adalah lauk sehat dan rendah lemak, misalnya ayam kampung, daging tanpa lemak dan sebagainya.

3. Turunkan Kadar Gula Darah
Sambal biasanya mengandung bawang merah. Bawang merah adalah bahan alami yang mengandung mineral kromium trace yang membantu proses produksi insulin lebih baik. Bawang merah juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dengan demikian, sambal dalam porsi yang tidak terlalu banyak masih bisa dikonsumsi penderita diabetes.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)