home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Laporan Mengejutkan dari Hasil Penyelidikan 1.500 Halaman Nasib Pesawat MH370 yang Hilang 4 Tahun

Selasa, 31 Juli 2018 10:45 by reinasoebisono | 1057 hits
Laporan Mengejutkan dari Hasil Penyelidikan 1.500 Halaman Nasib Pesawat MH370 yang Hilang 4 Tahun
Image source: The Guardian

DREAMERS.ID - Pimpinan penyelidikan hilangnya pesawat Malaysia Airlines, MH370, Kok Soo Chon merilis 1.500 halaman laporan investigasi setelah empat tahun menyelidiki nasib pesawat nahas yang membawa ratusan penumpang itu.

Selama 4 tahun hilang, akhirnya pengumuman resmi ke publik dirilis pada Senin kemarin, namun tetap memberi kejutan. Melansir live report dari The Guardian, penyelidik tetap ‘tidak mengetahui apa yang terjadi pada pesawat Malaysia Airlines’.

Namun tetap ada beberapa detail yang mereka dapatkan meski tidak mengetahui di mana atau apa penyebab hilangnya pesawat tersebut. Salah satunya adalah pesawat MH370 itu melakukan putar balik secara manual atau disengaja.


Image source: The Guardian

"Kami bisa menyimpulkan bahwa MH370 telah memutar balik dan putar balik itu bukan karena anomali dalam sistem mekanik. Putar balik itu dilakukan bukan secara autopilot tapi secara manual," imbuhnya.

Baca juga: 5 Tahun Berlalu, Lima Teori Konspirasi Ini Masih Menghantui Hilangnya Pesawat MH370

Namun menurut penyelidik, kecil kemungkinan jika kecelakaan disengaja oleh pilot mau pun kopilot. Karena keduanya memiliki latar belakang yang memuaskan. Mulai dari tak adanya riwayat perawatan kejiwaan, tidak ada penggunaan narkoba, atau pun di dalam tekanan finansial.

"Kesimpulannya, tim tidak bisa menentukan penyebab sebenarnya dari menghilangnya MH370," demikian kalimat penutup laporan penyelidikan tersebut mengutip Detik.

Akibatnya, keberadaan MH370 yang membawa 239 orang hingga kini masih belum diketahui. Penyebab pesawat jenis Boeing 777-200ER itu menghilang juga belum terungkap. Laporan terbaru yang dirilis otoritas Malaysia ini tidak banyak mengungkap hal-hal baru. Bahkan kesimpulan dari laporan tersebut adalah para penyelidik tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat yang hilang empat tahun lalu itu.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)