home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jaringan 5G Siap Digunakan Pada Asian Games 2018, Untuk Apa?

Rabu, 01 Agustus 2018 09:23 by mikhael | 769 hits
Jaringan 5G Siap Digunakan Pada Asian Games 2018, Untuk Apa?
Image Source: Ericsson

DREAMERS.ID - Jika jaringan 5G resmi diluncurkan pertama kali di Berlin pada 2017 silam, kini rencananya infrastruktur telekomunikasi tersebut akan digunakan pada ajang Asian Games 2018 mendatang.

Hal itu diumumkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Melansir Detik, disebutkan Rudiantara, ada dua operator telekomunikasi yang akan melakukan trial 5G. Pertama, Telkomsel di area perhelatan Asian Games 2018. Satu lagi, XL Axiata yang rencananya akan melakukan pengujian di kawasan Kota Tua Jakarta.

Trial yang dilakukan ternyata bukan untuk pengguna seluler pada umumnya. Namun baru sebatas pengujian untuk teknologi Internet of Things (IoT) saja. Misalnya, untuk mendemonstrasikan penggunaan mobil tanpa sopir. 

Seperti diketahui, jaringan 5G memang digunakan untuk mengoptimalkan teknologi otonom di kendaraan. Pasalnya, faktor penentu mobil otonom dapat berjalan adalah kecepatan dalam pengiriman data. 

Baca juga: Cerita Kocak Dira Sugandi Yang 'Dimodusin' Siwon Super Junior

Nah, sinyal 5G memiliki kecepatan konektivitas 10 kali lipat dibandingkan teknologi sebelumnya, sehingga memungkinkan pengiriman data dalam volume yang besar dalam waktu cepat. 

"Nanti, mobil tanpa sopir akan berkeliling di kompleks GBK (Gelora Bung Karno)," kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu saat dimintai komentarnya tentang apa saja yang bisa didemokan ketika 5G diuji coba nanti. 

Dengan demikian, bisa dipastikan trial 5G yang digelar oleh Telkomsel dan XL hanya sebatas uji coba terbatas saja, bukan untuk masyarakat umum secara luas. Ekosistemnya seperti handset masih belum siap dan belum diproduksi secara massal. 

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)