home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Material Paling Ringan Didunia

Rabu, 27 Maret 2013 09:00 by miko | 1792 hits
Inilah Material Paling Ringan Didunia
inhabitat.com

Jika kamu mengira kapas merupakan material paling ringan didunia ternyata salah. Pasalnya tim ilmuwan di China baru saja menemukan material paling ringan di dunia. Karena terlalu ringannya, bahan berupa spons ini tidak jatuh diletakan diatas kelopak bunga yang berdiri.

Tim Zhejiang University di Hangzhou baru saja memamerkan ke publik terkait material yang mereka beri nama graphene aerogel. Material yang berbentuk seperti spons ini terbuat dari karbon beku kering dan oksidsa graphene.

Bahkan untuk membuktikan beratnya yang super ringan, bahan tersebut mampu berdiri di atas bunga dandelion tanpa menghancurkan benih-benih halusnya yang kecil.  Tentunya material ini diklaim seribu kali lebih tipis dari rambut manusia, karena terdiri dari 99,99 persen udara.

Baca juga: Samsung Tidak akan Gunakan Material Plastik Lagi di Ponsel Terbarunya?

Sehingga benda itu juga 100 kali lebih ringan dari styrofoam. Saking kecilnya, peneliti harus menyusun 3 juta lembar graphene untuk mendapatkan tumpukan setinggi 3 mm.

Dilansir dari Reuters, uniknya walaupun ringan dan hampir transparan, namun Graphene Aerogel ini tergolong kuat. Strukturnya yang hanya seberat 0,77 mg mampu menahan beban sebesar kucing dewasa dengan berat badan 4 kg. Selain itu juga sangat fleksibel dan dapat ditarik hingga 20 persen tanpa terjadi kerusakan apapun.

Bahkan, belakangan ini diketahui graphene aerogel juga merupakan penghantar panas yang lebih baik daripada tembaga. Selain itu juga mampu menahan semua cairan dan gas, kecuali air, yang berpotensi untuk digali lagi aplikasinya. Pemanfaatan material ini untuk berbagai bidang masih akan diselidiki lagi.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)