home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Latihan Cegah Sakit Bahu Akibat Ransel

Senin, 18 Februari 2013 16:15 by wahyu | 6301 hits
Latihan Cegah Sakit Bahu Akibat Ransel
pinterest.com

Sakit bahu bisa diakibatkan dari penggunaan tas ransel yang kurang tepat,  sehingga menimbulkan rasa nyeri dan sakit di bahu yang kadang menyiksa. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa latihan yang  dapat dilakukan untuk mencegah nyeri bahu akibat ransel.

Tas ransel mampu memberikan tekanan pada salah satu struktur yang menyebabkan nyeri bahu. Daeraj yang disebut bahu ini meliputi dua tulang utama yaitu humerus atau tulang lengan atas, dan scapula atau tulang belikat.

Selain itu ada clavicle atau tulag selangka yang terhubung ke bagian depan bahu. Semua tulang-tulang ini bergabung dan didukung oleh tendon, ligamen, dan otot. Nyeri pada bahu biasanya karenna tekanan di struktur tulang tersebut.

Ransel yang digunakan baik oleh pejalan kaki, wisatawan atau anak sekolah harus sesuai dengan kondisi tubuh orang tersebut, dikenakan di kedua bahu dan tidak membawa beban yang terlalu banyak. Kelebihan beban membuat tekanan lebih kuat pada bahu, bisa menyebar ke lutut, pinggul, dan pergelangan kaki seperti dilansir dari Livestrong.

Beberapa latihan bisa dilakukan untuk mencegah rasa nyeri atau sakit di bahu seperti:

1. Latihan bahu rotator cuff

Baca juga: Tren Fashion Tahun 2019, Ransel Raksasa Ukuran Manusia!

Latihan ini bisa memperkuat otot, meningkatkan rentang gerak otot dan peregangan saat otot kaku. Latihan rotator cuff dengan rotasi internal dna eksternal bisa menstabilkan dan memperkuat struktur dari bahu.

Berdirilah di dekat dinding, lalu menekuk siku sampai 90 derajat dan menjaga siku agar tetap dekat tubuh dengan lengan bawah sejajar lantai. Tekan telapak tangan selama 10 detik, lalu ulangi pada sisi lainnya. Untuk rotasi eksternal ikuti langkah yang sama tapi menggunakan punggung tangan dan bukan telapak tangan.

2. Latihan mengangkat bahu dan pushup dinding

Untuk membantu menstabilkan tulang belikat, cobalah berdiri dengan lengan di samping sambil menggenggam dumbbell ringan dan telapak tangan menghadap tubuh. Jagalah lengan agar tetap lurus dan mengangkat bahu ke atas ke arah telinga beberapa saat lalu turunkan bahu, ulangi sebanyak 10 kali.

Lalu bisa juga melakukan pushup dinding untuk latihan bahu, dengan cara berdiri sekitar 18 inci atau 45 cm dari dinding. Tempatkan tangan setinggi bahu dengan menempelkan telapak tangan di dinding. Secara perlahan majukan tubuh ke dinding tanpa menggerakkan kaki kemudian kembali ke posisi awal. (way)

Komentar
  • HOT !
    Jeon Somi, yang memulai debutnya sebagai idola pada usia 16 tahun dan sukses sebagai penyanyi solo, bersiap untuk meluncurkan brand kecantikannya sendiri ‘GLYF’ pada bulan April mendatang....
  • HOT !
    Festival dance K Pop 'K CIRCLE' tahun ini diadakan secara global yang meliputi beberapa negara di Asia. Menjelang Grand Final, akan diadakan event K Circle, di mana sang juara akan menjadi wakil Indonesia untuk bersaing dengan negara lain....
  • HOT !
    Giselle aespa secara resmi diumumkan sebagai brand ambassador merek mewah asal Spanyol, LOEWE. Penampilannya saat menghadiri Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)