home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketahui Macam-Macam Penyebab Ketombe Yang Bisa Mengganggu Penampilan

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:20 by evelin04 | 1972 hits
Ketahui Macam-Macam Penyebab Ketombe Yang Bisa Mengganggu Penampilan
Image Source: autoratio.com

DREAMERS.ID - Ketombe merupakan serpihan putih yang menyebabkan rasa gatal akibat pelepasan sel-sel kulit kepala karena jamur dan bakteri. Masalah rambut satu ini, seringkali dialami oleh laki-laki maupun perempuan sehingga dapat mengganggu penampilan mereka.

Dan ternyata, ketombe ini memiliki jenis-jenis yang berbeda lho. Melansir dari Popbela, terdapat beberapa jenis ketombe beserta gejalanya yang perlu kita ketahui.

Ketombe Karena Kulit Kepala yang Kering

Kulit kepala yang kering umumnya akan rentan untuk mengalami masalah ketombe. Baik kering karena cuaca yang dingin maupun jarang keramas. Pemilik rambut keriting pun umumnya mengalami kulit kepala yang lebih kering ketimbang jenis rambut lainnya. Selain itu, penggunaan sampo sulfat juga dapat menyebabkan masalah ini. Untuk ketombe jenis ini, umumnya kamu akan mengalami rasa ketat pada kulit kepala dan serpihan putih berbentuk bulat dan kecil jatuh dari kepalamu.

Ketombe Karena Kulit Kepala Berminyak

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebasea untuk melembapkan rambut dan kulit, melindunginya jadi kering, juga mencegah tanda penuaan. Namun, produksi sebum yang berlebihan (karena pubertas, kehamilan, stres, dan keramas yang ngga teratur) yang kemudian bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati dapat menimbulkan ketombe. Pada jenis ini, ketombe akan terlihat seperti serpihan kekuningan pada kulit kepala, muncul rasa gatal, dan rambut yang berminyak.

Ketombe Akibat Infeksi Jamur

Jamur Malassezia Globosa adalah jamur yang memproduksi asam oleat yang dapat meningkatkan pergantian sel kulit. Adanya infeksi jamur ini pada kulit kepala dapat menimbulkan ketombe, terlebih saat kondisi berminyak atau adanya ketidakseimbangan pH. Jamur ini juga dapat menular ke orang lain melalui benda-benda yang dipakai di rambutnya. Kalau ketombemu terlihat putih-kekuningan disertai rasa gatal, tandanya kamu mengalami jenis ketome karena jamur ini.

Ketombe Karena Tumpukan  Produk pada Kulit Kepala

Terlalu banyak penggunaan produk rambut akan menumpuk di atas permukaan kulit kepala. Bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati, kemudian akan membentuk ketombe. Ketombe ini juga dapat menyebabkan kerontokan. Gejala yang bisa kamu temui adalah serpihan ketombe besar berwarna putih atau kekuningan disertai iritasi dan rambut rontok.

Ketombe Karena Seborrheic Dermatitis

Seborrheic dermatitis adalah kondisi dimana kulit inflamasi kronis yang dapat berkembang di beberapa area tubuh dengan konsentrasi kelenjar sebasea tinggi. Ini meliputi kulit kepala, leher, belakang telinga, wajah, dan alis. Penelitian menemukan kalau kondisi ini disebabkan oleh reaksi inflamasi pada ragi alami pada permukaan kulit, stres, dan perubahan hormon. Ketombe ini memiliki ciri-ciri seperti serpihan kulit mati, disertai kulit kepala yang terasa berminyak, iritasi, dan terlihat kemerahan, tandanya ketombe ini disebabkan oleh Seborrheic Dermatitis.

Ketombe Karena Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis akibat sistem imun tubuh yang menyerang jaringan sehat kulit. Ini menyebabkan produksi sel kulit baru meningkat sebelum kulit mati mengelupas. Hasilnya, akan membentuk serpihan tebal berwarna perak pada leher, lutut, punggun, dan kulit kepala. Selain berwarna keperakan, kulit kepala juga akan terasa gatal dan kemerahan.

Cara mengatasi ketombe :

Akan tetapi kamu tidak perlu takut, jenis-jenis ketombe diatas juga dapat disembuhkan lho. Gunakan produk rambut yang mengandung Salicylic acid atau Zinc pyrithione, mengkonsumsi nutrisi terbaik untuk kesehatan rambut dan menghindari perawatan rambut seperti hair color. Dan juga, gunakan bahan alami yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan rambut, seperti cuka apel dan tea tree oil.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)