home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringati Kemerdekaan RI Ke 73, Sukabumi Buat Spanduk Dari 25 Ribu Bungkus Kopi!

Selasa, 14 Agustus 2018 13:42 by mikhael | 981 hits
Peringati Kemerdekaan RI Ke 73, Sukabumi Buat Spanduk Dari 25 Ribu Bungkus Kopi!
Image Source: Kumparan

DREAMERS.ID -  Perayaan Kemerdekaan RI ke 73 tinggal menghitung hari, dimana pasti banyak lomba-lomba atau acara yang memperingati hari jadi Indonesia itu. Namun ada yang tak biasa di Sukabumi dalam memperingati itu.

Seperti dilansir Kumparan, Harsudi Hartono (51 tahun). Warga Gang Cikole Dalam RT 4 RW 5, Kelurahan/Kecamatan Cikole, Kabupaten Sukabumi patut diacungi jempol. Ia berhasil membuat spanduk ucapan Hut ke 73 RI dari puluhan ribu bungkus kopi.

Pria yang akrab disapa Mas Dipo ini menekuni pembuatan spanduk tersebut sejak 2016 lalu. Kini spanduk berukuran 1,5X10 meter itu pun siap dipasang. "Saya mulai bikinnya dua tahun lalu, dikerjakan tiap hari. Biasanya malam setelah pulang mijat," ujar Dipo, Senin (13/8/2018).

Didampingi istri serta anaknya, Yoyoh Haryati (41) dan Ghani Ramadiyanto (9), Dipo membawa spanduk tersebut ke Balaikota Sukabumi. Ia ingin memperlihatkan hasil karyanya ke masyarakat.

Dibantu sejumlah pelajar yang ada di sekitar dago, spanduk itu pun dibentangkan dari atas trotoar depan Balaikota Sukabumi. Spanduk bertuliskan 'Dirgahayu NKRI ke 73' itu pun jadi perhatian warga dan pengendara yang melintas.

Baca juga: Detik-detik Eksekusi Sadis Ayah-Anak Bak Film Hollywood, Istri Bawa Sendiri Pembunuh Bayaran Ke Ruma

"Saya kumpulkan bungkus kopi dari warung-warung. Butuh 25 ribu bungkus kopi untuk membuat spanduk ini," kata Dipo.

Dipo menceritakan latar belakang pembuatan spanduk itu. Ia hanya ingin mengurangi sampah plastik agar tidak terlalu berserakan dimana-mana. Selain itu, Ia pun ingin ikut memerihkan Hut ke 73 RI, 17 Agustus 2018 nanti.


Image source: RMOL

"Kalau saya ambil kan bisa dibuat jadi apa aja, misalnya spanduk ini," kata Dipo. "Saya inginnya spanduk ini diterima Pak Presiden Jokowi. Kalau bisa sih, kalau enggak ya wallahu alam,"

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai tukang pijit ini mulai belajar menganyam sejak 1989. Saat itu, bahannya dari bungkus rokok. Dipo juga bisa membuat beragam kerajinan dari bungkus kopi. Mulai dari tas berbagai bentuk, tikar, tempat pensil, bahkan mobil mainan.

Sebelumnya, Dipo juga pernah membuat Spanduk Ucapan Hut ke 71 RI pada 2016. Ia juga membuat spanduk dari bahan yang sama untuk ucapan HUT ke 100 Kota Sukabumi.

(mdi)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)