home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rituak Tolak Bala yang Dilakukan Warga Akibat Kebakaran Kampung Adat Gurusina Flores

Selasa, 14 Agustus 2018 12:53 by evelin04 | 976 hits
Rituak Tolak Bala yang Dilakukan Warga Akibat Kebakaran Kampung Adat Gurusina Flores
Image Source: cnnindonesia.com

DREAMERS.ID - Peristiwa kebakaran terjadi di Kampung Adat Gurusina di Desa Watumanu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin (13/8) petang. Pendiri Rumah Baca Akar, Nury Sybli mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 4 sore dan padam saat malam hari ketika bangunan sudah menjadi abu.

"Mulai terbakar sekitar pukul 4 sore. Padam saat malam karena semua bangunan sudah hangus jadi abu. Hanya tersisa enam bangunan dari 33 bangunan rumah di kampung adat itu. Rumah yang enggak terbakar itu karena jaraknya memang agak lebih jauh," ujar Nury Sybli via CNNIndonesia.com, Selasa (14/8) pagi.

"Pagi ini warga lagi berkumpul untuk bermusyawarah untuk meninggalkan kampung, prinsipnya mengungsi, dan melakukan ritual zezo api yaitu upacara tolak bala menghindari hal-hal buruk datang kembali," tambahnya.

Baca juga: Kebakaran Terjadi di Gedung Tempat Latihan Boy Group TAN

Nury mengatakan ritual zezo api yang dilakukan warga adat di sana berbeda dengan zaman dulu. "Sebelumnya, kalau dulu dilakukan mencari sumber api dari mana, kemudian saat ditahu berasal dari rumah yang mana maka pelakunya diusir. Tapi kalau sekarang tidak, dimaafkan," ujar Nury.

Sementara itu, dikutip dari Antara, seorang warga Desa Watumanu Feri Lado mengatakan kobaran api dengan cepat menghanguskan perumahan di Kampung Gurusina yang seluruhnya berdinding kayu dan beratap alang-alang.

"Dari 33 rumah adat, hanya enam rumah adat yang dihuni dengan satu rumah baca yang bisa kami selamatkan," kata Feri.

Ia mengatakan, kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar Pukul 19.30 WITA oleh para petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan dari Bajawa ibu kota Kabupaten Ngada yang berjarak sekitar 15 kilometer dari lokasi kebakaran.

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)