home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alami Inflasi Super Tinggi, Satu Ayam Dihargai 14 Juta di Negara Ini!

Selasa, 21 Agustus 2018 18:28 by reinasoebisono | 4105 hits
Alami Inflasi Super Tinggi, Satu Ayam Dihargai 14 Juta di Negara Ini!
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Reformasi ekonomi kadang jadi momok menakutkan untuk sebuah negara jika berujung inflasi. Terlebih pada negara yang mengalami hiperinflasi, harga barang ‘sepele’ yang harusnya sangat murah di negara lain, bisa menjadi super mahal.

Melansir Liputan6, fenomena hiperinflasi melanda Venezuela yang baru saja memperkenalkan reformasi ekonomi di mana para ekonom Dana Moneter Internasional atau IMF memperingatkan jika inflasi Venezuela bisa melebihi satu juta persen tahun ini.

Hiperinflasi yang dialami Venezuela ini menyebabkan harga-harga berputar tak terkendali, plus jatuhnya nilai mata uang. Efek nyatanya, masyarakat harus membawa ‘bergepok-gepok’ uang untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Harga kebutuhan sehari-hari itu meningkat tajam karena inflasi terlalu tinggi. Sebagai contoh, seekor daging ayam seberat sekitar 2.4 kilogram dijual dengan harga 14 juta bolivar (mata uang Venezuela). Secara teori, harga harusnya berfluktuasi tergantung pada keseimbangan penawaran dan permintaan.

Baca juga: Cerita Warga Indonesia di Venezuela yang Makan di Restoran Seharga 1.7 Miliar Akibat Hiperinflasi

 Inflasi adalah istilah untuk kenaikan harga, sementara deflasi menggambarkan harga yang jatuh. Hiperinflasi terjadi ketika harga naik begitu liar, sehingga membuat konsep inflasi tidak masuk akal. Fenomena ini biasanya menghancurkan daya beli masyarakat sehingga mendorong penumpukan barang karena tidak ada yang membeli.

Kurangnya kepastian harga ini juga menghapus hal-hal ‘normal’ antara pembeli dan penjual. Contohnya adalah sejumlah restoran di Venezuela tak lagi memiliki menu dengan harg tercetak.

Sementara beberapa supermarket telah menghapus harga-harga dari rak. Selain itu juga banyak orang lebih memilih menggunakan kartu sebagai alat pembayaran daripada uang tunai.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)