home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masyarakat Diminta Lebih Teliti Mengecek Kode Produksi Susu UHT yang Diduga Mengandung Bakteri

Senin, 27 Agustus 2018 11:42 by dian97 | 2628 hits
Masyarakat Diminta Lebih Teliti Mengecek Kode Produksi Susu UHT yang Diduga Mengandung Bakteri
Image source : Ultrajaya.co.id

DREAMERS.ID - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya sebuah surat dari Dinas dan Kesehatan Hewan Sinjai, Sulawesi Selatan. Surat tersebut berisikan jika terdapat sempel prosuk susu UHT yang mengandung bakteri Streptococcus sp.

Ditemukannya bakteri Streptococcus sp pada surat tersebut terungkap dari hasil pemeriksaan sampel Susu UHT Full Cream Ultra Milk 250 ml di Toko Indomaret JL Jenderal Sudirman Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, pada 22 Juni 2018.

Surat tersebut ditunjukan kepada pimpinan toko. Dilansir dari Detik, Dihubungi pada Minggu (26/8/2018), General Manager Public Relations PT Ultrajaya, Muh Muhthasawwar menyebut kontaminasi bakteri pada susu UHT hanya mungkin terjadi jika terjadi kerusakan pada kemasan. Pihaknya tengah mencari tahu kode produksi dan kondisi kemasan saat sampel diperiksa.

“Nanti akan dicek dengan retain sample (sampel dari batch yang sama yang disimpan di pabrik)," jelas Muhthasawwar.


Image source : Detik

Muhthasawwar kini tengah mengumpulkan informasi mengenai jumlah sampel yang diperiksa oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) Kabupaten Maros. Bila memang terjadi kesalahan pada prosuksi, seharusnya susu yang terkontaminasi ditemukan dalam jumlah massal. Menurutnya, kerusakan bisa saja terjadi dalam proses penyimpanan.

Muhthasawwar juga menghimbau masyarakat agar tidak panik, mengenai resiko kontaminasi bakteri pada prosuk susu UHT. Jika produk susu terkontaminas bakteri apapun maka bisa diidentifikasi dengan rasa pada susu seperti rasa asam atau pahit, serta kondisi kemasan yang menggembung.

"Kontaminasi bakteri apapun akan menghasilkan gas sehingga kemasan akan menggembung," terangnya.

Apabila konsumen menemukan prosuk susu dengan rasa asam atau pahit, menggumpal,atau berbau basi, dihimbau untuk melaporkannya. Perhatikan dengan baik jika ingin mengkonsumsi susu UHT, baik dari segi kemasan, dan tanggal kedaluwarsa.

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)