home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Facebook Blokir Akun Medsos Pejabat Militer Myanmar yang Diduga Terlibat Pembunuhan Massal Rohingya

Rabu, 29 Agustus 2018 16:00 by dian97 | 880 hits
Facebook Blokir Akun Medsos Pejabat Militer Myanmar yang Diduga Terlibat Pembunuhan Massal Rohingya
Image source : Matamatapolitik.com

DREAMERS.ID - Pada Senin (27/8/2018) pihak Facebook menyatakan bahwa mereka telah memblokir beberapa pejabat militer Myanmar terkait kasus kebencian dan informasi yang salah.

Pemblokiran ini terjadi pada situs web media sosial dan juga akun Instagram. Tindakan ini merupakan pertama kalinya Facebook memblokir akun pemimpin militer atau politik suatu negara.

Juru bicara Facebook Ruchika Budhraja mengatakan jika pemblokiran tersebut tidak dapat diganggu gugat atau diajukan banding. Tindakan tersebut terjadi setelah penyidik PBB mengatakan bahwa Panglima Militer Myanmar terlibat dalam niat genosida warga Rohingnya.

Genosida adalah tindakan yang dimaksudkan menghancurkan sebuah bangsa, etnis, ras, atau kelompok keagamaan baik secara keseluruhan maupun sebagian. Penyidik PBB juga mengatakan bahwa Panglima Militer tersebut harus diadili atas perbuatannya terhadap warga Rohingnya.

Baca juga: ‘Free This Man!’ Biksu Kontroversial Kalahkan V BTS Jadi Pria Tertampan 2021

Dilansir dari Wartaekonomi, Facebook mengatakan temuan Perserikatan Bangsa-Bangsa serta laporan media dan kelompok advokasi seperti Amnesty International dan Human Rights Watch menginformasikan keputusan perusahaan. Facebook menolak untuk membuat eksekutif tersedia untuk mengomentari larangan.

Tindakan Facebook tersebut berarti sebuah aksi pemadaman penting dari saluran komunikasi publik utama militer Myanmar, dengan halaman yang telah diikuti oleh jutaan orang yang tidak lagi tersedia bagi publik, sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (28/8/2018).

Atas aksi pemblokiran tersebut pemerintah Myanmar telah meminta Facebook untuk menjelaskan lebih detail alasan mengenai pemblokiran yang dilakukan kepada beberapa pejabat militer Myanmar.

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)