home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sedang Diet? Jangan Lupa Masukkan Makanan Ini Dalam Daftar Diet!

Selasa, 04 September 2018 13:51 by sherleyyy | 1478 hits
Sedang Diet? Jangan Lupa Masukkan Makanan Ini Dalam Daftar Diet!
Image source: sahabatnestle.co.id

DREAMERS.ID - Mengonsumsi daging memang baik untuk tubuh karena akan membantu terpenuhinya kebutuhan protein hewani. Sayangnya, orang-orang terkadang tidak dapat mentoleransi asupan daging dalam jumlah yang besar.

Jika kalian mengonsumsi makanan tersebut berlebih seperti makanan berkolesterol, berlemak, serta kurang serat sehingga menyebabkan tubuh sulit untuk mencerna makanan.

Mengutip dari CNNIndonesia, tubuh terkadang memberikan tanda jika proses pencernaan daging kurang begitu lancar. Tanda-tanda tersebut berupa kembung, tekanan darah tinggi, konstipasi atau sembelit, rasa lelah, bau badan hingga muncul lingkaran hitam di bawah mata.

Oleh karena itu, jika mengonsumsu daging harus tetap diimbangi dengan makanan-makanan yang dapat membantu kalian untuk memperlancar pencernaan. Ini dia tujuh makanan yang sebaiknya dimasukkan dalam daftar diet kalian!

1.       Apel

Buah yang satu ini merupakan sumber serat yang disebut pektin. Serat jenis ini dapat dengan mudah dicerna oleh bakteri ‘baik’ pada usus yakni Eubacterium eligens dan Lachnospira pectinoschiza.

Pektin sendiri membantu untuk meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan lancar dan terhindar dari konstipasi (sembelit) dan diare. Tidak hanya itu, apel juga membantu untuk menurunkan inflamasi pada usus besar dan infeksi usus kecil.

2.       Yoghurt

Yoghurt sendri mengandung probiotik atau bakteri baik yang mampu untuk menjauhkan kalian dari masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan diare. Laktosa yang sulit dicerna pun dapat diatasi dengan yoghurt.

3.       Pepaya

Baca juga: Saran Ahli Gizi, 4 Makanan Ini Percepat Penyembuhan dari Covid-19

Pepaya diketahui dapat membantu untuk ‘meluruhkan’ makanan sehingga pencernaan kalian menjadi lancar. Pepaya sendiri mengandung enzim papain yang tidak hanya dapat membantu ‘meluruhkan’ namun juga ampuh untuk mengatasi gejala kembung dan sembelit.

4.       Tempe

Makanan yang satu ini dibuat dari fermentasi alami ragi pada kedelai. Selama proses fermentasinya, gula pada kedelai dipecah. Tempe pun bisa membantu memperlancar pencernaan dan sumber probiotik yang baik bagi usus.

5.       Jahe

Jahe selama ini dikenal sebagai bumbu masakan sekaligus ampuh untuk mengusir hawa dingin dari tubuh. Tidak hanya itu, ternyata jahe juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan dengan memindahkan makanan dari lambung ke usus. Jahe juga berfungsi sebagai anti inflamasi.

6.       Pisang

Selain pepaya, pisang juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk pencernaan. Pisang tidak hanya sekedar jadi makanan penutup, tapi juga mencegah diare dan membantu mengatur pergerakan usus.

Lalu, buah yang satu ini juga kaya akan potassium dan elektrolit yang memperlancar pencernaan. Jadi, daging tidak akan terlalu lama menghuni perut atau usus.

7.       Alpukat

Alpukat seringkali dilihat sebagai buah yang mengandung banyak lemak dan patut untuk dihindari. Namun, alpukat justru mengandung serat dan vitamin yang dapat membantu pencernaan. Alpukat membantu untuk menjaga fungsi empedu dan pancreas agar tetap normal.

(shy)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)