home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal 'Eustress', Jenis Stres Positif dan Cara Mendapatkannya

Rabu, 24 Oktober 2018 11:45 by fzhchyn | 6697 hits
Mengenal 'Eustress', Jenis Stres Positif dan Cara Mendapatkannya
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Stres atau perasaan tertekan selama ini dipandang sebagai suatu kondisi yang negatif karena membuat tubuh dan pikiran tidak sehat. Namun ternyata ada jenis stres yang dianggap positif dan memberikan dampak baik pada kesehatan, yang disebut ‘Eustress’.

Menurut Allison Task, penulis buku ‘Personal (R)evolution: How to Be Happy, Change Your Life, and Do That Thing You’ve Always Wanted to Do’, eustress berasal dari bahasa Yunani. Eu adalah akar kata Yunani yang berarti "baik”, seperti dalam kata euforia dan eufemisme. Jadi jika menggabungkan kedua bagian kata eu dan stress, kita akan mendapatkan jenis stres yang positif.

“Eustress sebenarnya baik untuk Anda. Jenis stres ini akan membuat Anda waspada, mempersiapkan Anda untuk melakukan yang terbaik,” tulis Allison dalam mindbodygreen mengutip Woman Talk. Jenis eustress, bisa dikategorikan sebagai perasaan gugup sebelum wawancara kerja, sebelum mengajak seseorang berkencan, dan hari pertama bekerja atau bepergian ke negara baru.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Allison mengatakan kalau eustress ini sebenarnya dialami semua orang. Misalnya, saat kita merasakan stres karena sesuatu yang penting akan terjadi, tanyakan pada diri sendiri, “Bagaimana kau mengalihkan stres menjadi eustress?”

“Saat mengandung putriku, aku secara aktif bekerja untuk mengubah stres atas kelahiran yang akan datang menjadi energi positif. Kehamilan pertamaku menimbulkan banyak komplikasi daripada yang aku duga, dan untuk kehamilan kedua aku secara aktif mempersiapkan diri dengan banyak membaca dan lainnya. Jadi, ketika proses kelahiran itu terjadi, putriku lahir dengan lancar,” ujar Allison.

Dari pengalaman Allison, dapat dipelajari bahwa stres terkait dengan peristiwa tertentu bisa menjadi tanda yang baik. Namun alih-alih membiarkan kecemasan menguasai diri, kita dapat belajar mengubahnya menjadi eustress. Dalam artian, kita bisa menggunakannya sebagai persiapan untuk melakukan hal yang lebih baik dan berlawanan dari kekhawatiran terburuk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)