home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Pastikan Fitur Dark Mode Bisa Hemat Baterai Ponsel Android

Selasa, 13 November 2018 16:41 by fzhchyn | 1847 hits
Google Pastikan Fitur Dark Mode Bisa Hemat Baterai Ponsel Android
Image source: CNET

DREAMERS.ID - Fitur Dark Mode untuk perangkat Android akhirnya diperkenalkan Google di acara Android Dev Summit pada 8 November lalu. Berdasarkan data yang dipaparkan Google, mode gelap ini bisa menghemat baterai hingga 43 persen ketika ponsel menggunakan kecerahan maksimal dibanding menggunakan mode normal.

Mode gelap sendiri sudah lama dinantikan oleh pengguna Android, sebab dengan menggelapkan sebagian besar layar, tentu akan mengurangi konsumsi baterai.  Fungsi Dark Mode ini diterapkan pada sistem operasi dan aplikasi untuk mengubah warga pada tampilan ponsel agar berwarna gelap.

Terutama pada aplikasi-aplikasi yang banyak menggunakan warna putih sebagai latar mereka, seperti YouTube misalnya. Mengutip CNN, konsumsi baterai terbesar ponsel memang terletak pada layar. Baik untuk menyalakan layar (terutama jika layar mesti mengeluarkan berwarna cerah), termasuk energi yang dibutuhkan untuk mengenali sentuhan di layar.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Selain itu, ponsel dengan layar OLED akan bisa menghemat daya lebih besar dengan adanya mode gelap ini. Sebab layar OLED, benar-benar mematikan pixel mereka ketika menampilkan warna hitam. Sementara layar LCD biasa memiliki backlight yang selalu menyala, meski ketika menampilkan warna hitam. Sehingga pada LCD, warna hitam yang ditampilkan seperti tersaput dan tidak tampak terlalu pekat. Mode ini juga lebih ramah di mata ketika pengguna ada di lingkungan yang gelap.

Google bahkan mengakui kesalahannya yang mendorong para pengembang untuk menggunakan warna putih untuk aplikasi mereka, termasuk aplikasi Google sendiri.  Opsi ini bisa diaktifkan pada OS Android dan berbagai aplikasi. Tapi aplikasi yang tidak memberikan pilihan dark mode akan tetap menggunakan warna putih sebagai latar utama. Youtube dan Android Messege kabarnya sudah mendapat opsi fungsi ini. Fungsi ini kabarnya juga akan diterapkan pada aplikasi Google lain yang ada di iOS.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)