home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Potret Gelap di Balik Megahnya Gelaran Busan International Film Festival

Jumat, 16 November 2018 18:03 by fzhchyn | 2325 hits
Potret Gelap di Balik Megahnya Gelaran Busan International Film Festival
Image source: news.cn

DREAMERS.ID - Salah satu festival film bergengsi di Asia, Busan International Film Festival (BIFF) diterpa kabar kurang menyenangkan. Belum lama ini terungkap bahwa acara yang sudh berlangsung pada awal Oktober lalu tersebut masih berhutang sebanyak 124 juta won (sekitar 1,6 miliar rupiah) kepada 149 anggota staf atas bayaran lembur mereka.

Setelah menerima kritikan dari publik, BIFF pun meminta maaf dan berjanji akan mengambil langkah perbaikan untuk upah lembut aggota staf. Baru-baru ini terungkap bahwa dewan direksi festival mengadakan pertemuan pada 14 November, di mana mereka membahas masalah upah lembur karena anggota staf dan karyawan kontrak jangka pendek.

Pada 16 November, seorang sumber dari dewan direktur BIFF menyatakan, “Kami berterima kasih atas kerja keras dari staf yang melkukan yang terbaik. Kami menyatakan penyesalan kami tidak hanya mengenai uang lembur, tapi juga karena tidak dapat mempersiapkan diri sebelum acara. Kami akan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki kesalahan praktik yang terjadi di dalam maupun luar festival film.”

Sumber tersebut membahas masalah upah lembur yang belum dibayar dengan mengatakan, “Setelah berdiskusi dengan kota Busan tentang mengamankan sumber keuangan, kami akan mengambil langkah-langkah korektif tanpa penundaan. Seiring dengan festival film internasional lainnya yang diadakan di Korea, kami mencari diskusi bersama untuk lingkungan kerja anggota staf serta untuk menjamin upah. Kami akan bekerja untuk membangun lingkungan kerja yang aman bagi anggota staf kami.”

Baca juga: Sutradara 'Dear Jinri' Kenang Mendiang Sulli Selama Proses Syuting

Anggota majelis Lee Yong Deuk dari Partai Demokrat Korea dan anggota Majelis Nasional Komite Lingkungan dan Perburuhan, menuntut pengawasan tenaga kerja khusus segera mengenai BIFF dan pemeriksaan administrasi Ketanagakerjaan dan Perburuhan bulan lalu.

Para anggota parlemen mengkritik festival film dan menyatakan, “BIFF harus berpikir tentang anggaran atau segera berhenti membuat alasan tentang budaya perusahaan liberal, segera membayar staf atas upah mereka yang terlambat, dan menghentikan lembur gratis yang biasa dipraktikkan. Kota Busan juga harus berhenti menjadi penonton dalam masalah upah yang terlambat dan secara aktif bekerja untuk melindungi hak buruh staf.”

Terungkap juga bahwa di saat BIFF tidak membayar gaji staf, mereka telah menghabiskan lebih dari 180 juta won (sekitar 2,3 miliar rupiah) untuk acara internal.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)