home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mitos Atau Fakta: Tidur Miring ke Kiri Bisa Membebani Jantung?

Selasa, 27 November 2018 10:10 by noudi0501 | 1867 hits
Mitos Atau Fakta: Tidur Miring ke Kiri Bisa Membebani Jantung?
Image source: health.detik.com

DREAMERS.ID - Posisi jantung ada di sebelah kiri rongga dada. Organ ini berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, mendistribusikan oksigen dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

Karena posisinya di sebelah kiri, banyak yang meyakini jantung akan terbebani ketika seseorang tidur dalam posisi miring ke kiri. Logikanya, jantung akan 'tertindih' organ-organ lain di dalam rongga dada. Benarkah anggapan tersebut?

Baca juga: George HW Bush Meninggal Tak Lama dari Sang Istri, Benarkah Alami Sindrom Patah Hati?

"Iya itu hanya mitos, tidak ada scienctific discussion yang membahas tentang itu, dalam rekomendasi-rekomendasi hidup sehatpun tidak pernah ada," ujar ahli jantung dr Aron Husink, Sp.JP saat ditemui dalam ISICAM-InaLive ke-10 di Jakarta, Sabtu (24/11/18).

Dibanding posisi tidur, kesehatan jantung lebih ditentukan oleh gaya hidup lainnya. Seperti diet dan olahraga. Makan sehat dan olahraga teratur merupakan rekomendasi para ahli untuk menjaga jantung tetap sehat.

Diperkirakan 17,3 juta orang meninggal dunia tiap tahun di seluruh dunia karena sakit jantung. Pada 2030 diperkirakan angkanya mencapai 23 juta jiwa. Sedangkan di Indonesia, penyakit jantung tercatat sebagai penyebab kematian tertinggi yakni 37 persen.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)