home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Penyebab Suara Raungan Misterius di Langit Jawa Tengah yang Sempat Jadi Viral

Senin, 17 Desember 2018 11:00 by reinasoebisono | 53015 hits
Terungkap Penyebab Suara Raungan Misterius di Langit Jawa Tengah yang Sempat Jadi Viral
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Langit Pekalongan dan sekitarnya hingga ke kawasan Pantura dan Jawa Tengah menuju akhir pekan kemarin sempat dihebohkan oleh suara raungan misterius yang terdengar cukup lama di langit malam yang cukup berawan.

Masyarakat yang merekamnya pun mengklaim tak melihat benda asing atau sesuatu di langit kala itu. Namun Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yaitu Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan asal suara tersebut yang bukanlah terkait hal mistis.

Melansir laman Liputan6, suara itu berasal dari pesawat Antonov An-12BP yang tengah melintas. Pesawat itu berangkat dari Jakarta menuju Melbourne, Australia. Hal ini disebabkan karena pesawat AN12 adalah tipe pesawat heavy sehingga memiliki rate of climb yang rendah.


Pesawat Antonov (Sutopo Purwo Nugroho/Twitter)

"Jadi bukan dari UFO atau pesawat Avenger ya," jelas Sutopo via akun Twitternya.

Baca juga: BPDB Siapkan Skenario Terburuk Dampak dari Letusan Gunung Merapi

"Benar itu pesawat Antonov. Rute Jakarta-Melbourne," ujar Manajer Hubungan Masyarakat Airnav Indonesia Yohanes Harry Sirait yang juga menuturkan hal yang sama. "Sehingga saat berada di langit Jawa Tengah pesawat baru mencapai ketinggian 23.000 kaki untuk menuju intended level 25.000 kaki. Dampaknya menimbulkan suara yang sangat gemuruh,"

Antonov sendiri adalah pesawat buatan Ukraina dan perusahaan jasa dengan keahlian di konstruksi pesawat terbang yang sangat besar. Sebelumnya pun, Bagian Observasi Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang, Sukarno menilai, tidak ada fenomena alam terkait suara misterius dari langit ini. Kemungkinan besar hanyalah suara mesin pesawat.

"Ini kan memang jalur pesawat lewat, jadi kemungkinan hanya suara mesin," kata Sukarno. "Masyarakat tidak perlu percaya dengan mistis. Pasti ada penjelasan logis. Bisa membaca buku ilmiah,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)