home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh di Kalangan Fans K-Pop, Publik Korea Justru Tak Peduli dengan Acara Penghargaan

Kamis, 20 Desember 2018 14:42 by fzhchyn | 7549 hits
Heboh di Kalangan Fans K-Pop, Publik Korea Justru Tak Peduli dengan Acara Penghargaan
Image source: Mnet

DREAMERS.ID - Dua ajang penghargaan besar sudah digelar meriah beberapa waktu yang lalu, yaitu Melon Music Awards dan Mnet Asian Music Awards. Setiap tahunnya, acara penghargaan ini selalu dinantikan oleh fans musik K-Pop. Meski begitu, ternyata tanggapan yang berbeda justru diberikan oleh publik Korea itu sendiri.

Baru-baru ini dua YouTuber dari channel DKDKTV melakukan wawancara di jalanan mengenai hal tersebut dengan para pemuda Korea di Gangnam, Seoul. Ternyata, kebanyakan orang menjawab bahwa mereka bisanya tidak menonton acara penghargaan seperti MMA dan MAMA dan hanya menonton jika mereka datang langsung ke acara.

Banyak yang tidak meluangkan waktu untuk menonton keseluruhan acara, melainkan hanya highlight-nya saja yang diunggah di situs Naver setelah acara berakhir. Kebanyak mereka juga mengetahui MAMA karena ini adalah acara penghargaan berskala besar, yang menargetkan pemirsa muda dan mengundang banyak selebriti terkenal.

Namun, orang Korea tidak peduli siapa pemenangnya karena mereka berpikir bahwa penghargaan ini dibagi secara merata sehingga tidak terjadi ‘perang’ antar fandom. Selain itu, banyak juga yang setuju bahwa penghargaan ini akan diberikan kepada grup-grup seperti BTS dan Red Velvet karena fandom mereka yang besar dan bersedia melakukan voting 24 jam.

Baca juga: Alasan Acara Akhir Tahun Tetap Berlangsung Saat Kasus COVID-19 di Korsel Meningkat

Soal MMA dan MAMA, orang Korea juga tidak begitu menghormati keduanya karena bagi mereka, penyelenggara tidak adil karena hanya didasarkan pada voting penggemar. Ada perbedaan besar antara fanboy dan fangirl. Kebanyakan fanboy tidak peduli dengan kompetisi voting, dan hanya diam-diam mendukung serta mengucapkan selamat jika idola mereka menang.

Selain itu, pemuda Korea juga cukup khawatir dengan bagaimana fandom internasional begitu memperjuangkan penghargaan. Sebagain besar, semua orang yang diwawancarai memilih BTS, TWICE, atau Red Velvet sebagai ‘Artist of the Year’ dan iKON ‘Love Scenario’ untuk ‘Song of the Year’.

Melalui wawancara ini, fans K-Pop menyadari bahwa acara seperti MAMA atau MMA hanya berdampak pada komunitas K-Popers, khususnya fans internasional. Pada kenyataannya, betapapun besarnya pengaruh Hallyu, orang Korea lebih memperhatikan politik, ekonomi, dan olahraga daripada dunia hiburan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Yuqi (G)I DLE tampil baik di chart musik dengan debut solonya. Pada 23 April, dia merilis mini album perdana bertajuk ‘YUQ1’ yang menampilkan lagu utama ‘FREAK’....
  • HOT !
    Gong Yoo dikabarkan mendapatkan tawaran untuk membintangi drama baru sutradara Coffee Prince, Lee Yoon Jung. Di sisi lain, Song Hye Kyo juga tengah dalam pembicaraan untuk drama tersebut....
  • HOT !
    Kisruh antara Min Hee Jin dan HYBE semakin memanas. Kontroversi lain muncul setelah CEO label ADOR itu mengklaim bahwa pimpinan Bang Si Hyuk meniru idenya untuk menciptakan BTS....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)