home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Tremor Terus Terjadi Buat Gunung Anak Krakatau Naikkan Status, Potensi Meletus?

Kamis, 27 Desember 2018 10:29 by reinasoebisono | 2909 hits
Gempa Tremor Terus Terjadi Buat Gunung Anak Krakatau Naikkan Status, Potensi Meletus?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Gunung Anak Krakatau dilaporkan terus menerus mengalami gempa tremor alias gempa yang mengindikasikan aktivitas vulkanik di gunung api. Dan jika gempa tremor terjadi, indikasinya adalah gunung tersebut berpotensi meletus.

Melansir CNN, data dari Stasiun Sertung yang berada did ekat kawasan Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda, gempa tremor terus terjadi dengan amplitudo 9-35 mm (dominan 25 mm). Gunung Anak Krakatau juga terpantau mengeluarkan asap hitam tebal dan awan panas ke kawasan sekitarnya.

Asap kawah teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal dan tinggi 200-500 meter di atas puncak kawah. Awan panas tersebut juga dilaporkan telah mencapai lautan di arah Selatan. Karena itu hari ini, Kamis (27/12), Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Windi Cahya Untung menyatakan status gunung itu naik menjadi level III atau siaga.

Baca juga: Sempat Disebut Asteroid Lewati Bumi, Ternyata Pos Gunung Gede dan Salak Dengar Suara Keras

Windi mengatakan aktivitas vulkanik Krakatau itu diwarnai dentuman-dentuman keras. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Gempa (PVMBG) menaikkan radius bahaya. "Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 5 kilometer dari kawah," tutur Windi.

Mendung dan hujan juga teramati di kawasan sekitar gunung di mana angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Suhu udara terpantau 24-26 derajat celsius dan kelembaban udara 91-96%.

Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau masih menyandang status waspada atau level II sejak lama, yakni 26 Januari 2012. Namun karena kembali aktif mlakukan erupsi sejak pertengahan 2018 dan diduga menjadi penyebab tsunami yang melanda Banten dan Lampung.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)