home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Sosok Sultan Muhammad V Malaysia yang Undur Diri Pasca Kabar Nikahi Miss Moscow Viral

Senin, 07 Januari 2019 12:31 by bellaevania | 1018 hits
Begini Sosok Sultan Muhammad V Malaysia yang Undur Diri Pasca Kabar Nikahi Miss Moscow Viral
Image Source: Kompas

DREAMERS.ID - Jika Indonesia memiliki Presiden Jokowi yang meninggalkan kesan mendalam dihati warga sebagai pemimpin yang merakyat, Malaysia memiliki Raja Malaysia atau Yang Dipertuan Agong ke-15, Sultan Muhammad V.

Di Malaysia sembilan keluarga kerajaan secara bergantian setiap lima tahun sekali menduduki jabatan Yang Dipertuan Agong atau Raja Malaysia. Sultan Muhammad V naik tahta menjadi Raja pada 13 Desember 2016 dan memutuskan mundur dari posisinya pada Minggu (06/01/19) tanpa memberitahukan alasannya.

Selama dua tahun menjabat, sang Raja dikenal sebagai orang yang rendah hati dan punya selera humor yang tinggi. Ia juga kerap ‘blusukan’ ke kampung disetiap distrik negara bagian.

Selain perhatian dengan masyarakat, Sultan Muhammad V juga sangat memperhatikan keuangan negara. Ia rela gaji dan tunjangannya dipotong 10% demi mengalihkan dana untuk membayar hutang negara yang mencapai 1 triliun ringgit atau sekitar Rp 3.500 triliun.

Baca juga: Dua Negara Ini Resmi Tarik Satu Varian Indomie, Apa Kabar Indonesia?

Demi utang negara, Ia juga memutuskan membatalkan perayaan ulang tahunnya pada 9 September 2018. Open House istana Raja yang biasa dilakukan pada momen Idul Fitri juga ditiadakan, agar bisa membantu masyarakat yang kekurangan.

Dibalik sikapnya yang lembut dan disegani masyarakat, uniknya Sultan Muhammad V menggemari olahraga ekstrim. Ia menggemari ekspedisi Four-Wheel Drive, berkuda, memanah, dan menembak. Juga olahraga lain seperti golf, sepak bola, dan bowling.


Image source: Tribunnews

Sultan Muhammad V juga mencetak sejarah di Malaysia sebagai Yang Dipertuan Agong pertama yang memerintah tanpa didampingi permaisuri ratu atau Raha Permaisuri Agong. Meski begitu, media Inggris dan Rusia menyebut bahwa Ia telah menikah dengan mantan Miss Moscow, Oksana Voevodina, di Barvikha pada 22 November 2018. Namun, otoritas Malaysia belum mengomentari spekulasi pernikahan tersebut.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)