home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ahli Budaya Mengklaim Tuntutan Hukum Bagi Sasaeng Fans Idola K-Pop Justru Rugikan Agensi

Selasa, 08 Januari 2019 12:28 by muthiasp | 1779 hits
Ahli Budaya Mengklaim Tuntutan Hukum Bagi Sasaeng Fans Idola K-Pop Justru Rugikan Agensi
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Sasaeng fans merupakan penggemar yang menunjukkan sikap suka kepada idolanya dengan cara yang melewati batas, bahkan cenderung membahayakan. Namun jika ada langkah hukum yang ingin diambil untuk ‘melawan’ mereka, justru bisa merugikan bagi agensi?

Pada program radio CBS ‘Kim Hyun Jung’s News Show’, kritikus budaya Kim Sung Soo mengatakan bahwa akan sulit bagi agensi untuk mengambil langkah hukum dalam menindak sasaeng fans yang suka menjual informasi pribadi dari para idola K-Pop. Bahkan berpotensi merugikan investasi yang selama ini ditanam.

“Jika kau menangkap penjualnya, maka pembeli juga jadi kriminal. Namun, para pembeli itu adalah penggemar. Jika kalian mengambil langkah tegas ke jalur hukum, efeknya bisa lebih dari yang diinginkan oleh agensi. Promosi idola K-Pop itu pendek. Jika kontraknya 7 tahun, maka agensi menginvestasikan 4 tahun dan menuai keuntungan selama 3 tahun”.

Baca juga: 5 Insiden Sasaeng Paling Ekstrim yang Pernah Dialami Idol K-Pop, Ada di Indonesia?

“Untuk agensi, resikonya terlalu besar,” jelas Kim Sung Soo. Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa awalnya agensi-agensi yang mendorong kebocoran informasi seperti, 'Idola-idola tertentu akan ada di konser ini atau stasiun siaran ini’. Orang lain mungkin berpendapat jika metode pertama di mana fandom menjadi korban penjahat diajarkan oleh agensi sendiri.

Namun di sisi lain, beberapa jenis respon tegas diperlukan karena sesungguhnya penjualan informasi pribadi dapat menyebabkan dampak yang negatif dari segi emosional maupun materi. Serta tentunya membahayakan idola K-Pop sendiri jika sasaeng fans sudah bertindak di luar batas kewajaran.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    ILLIT kembali mencatat sejarah dengan lagu debutnya 'Magnetic'! Kurang dari satu bulan sejak dirilis pada 25 Maret lalu, lagu tersebut telah meraih predikat Perfect All Kill (PAK)....
  • HOT !
    Agensi Yoon Bomi Apink dan Rado Black Eyed Pilseung telah mengkonfirmasi hubungan asmara kedua artis tersebut....
  • HOT !
    Menysul berita berakhirnya kontrak BBGIRLS dengan Warner Music Korea, girl group tersebut akan melanjutkan aktivitas di bawah label independen dengan formasi baru....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)